7 Keutamaan Sedekah di Hari Jumat, Menambah Rezeki dan Kekayaan

Hadi Mulyono
Jumat 10 Maret 2023, 15:31 WIB
Keutamaan sedekah. (Sumber : pixabay.com/Shameer Pk)

Keutamaan sedekah. (Sumber : pixabay.com/Shameer Pk)

LABVIRAL.COM - Berikut ini akan dijelaskan apa saja keutamaan sedekah di hari Jumat menurut pandangan Islam.

Allah Swt berfirman yang artinya:

“Wahai orang-orang yang beriman, infakkanlah sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari ketika tidak ada lagi jual beli, tidak ada lagi persahabatan, dan tidak ada lagi syafaat. Orang-orang kafir itulah orang yang zalim.” (QS. Al Baqarah ayat 254).

Nah, di bawah ini merupakan fadhilah sedekah pada hari Jumat yang dirangkum Labviral.com dari berbagai sumber. Simak sampai habis yuk!

Baca Juga: Tercetus Panggilan Sayang, Ayu Ting Ting dan Boy William Resmi Pacaran?

1. Menghapus Dosa

Menyedekahkan sebagian harta yang kita miliki di jalan Allah bisa menghapus dosa sebagaimana yang dijelaskan Allah dalam salah satu firman-Nya.

“Jika kamu menampakkan sedekah-sedekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan-kesalahanmu. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Baqarah ayat 271).

Baca Juga: Doa untuk Mengobati Penyakit Melalui Sedekah, InsyaAllah Sembuh

2. Memperlancar Datangnya Rezeki

Meski secara logika sedekah mengurangi harta, justru hakekatnya bisa menambah kekayaan.

Hal ini terjadi karena Allah Swt berjanji bahwa siapa saja yang bersedekah maka akan dibukakan pintu rezeki dari berbagai arah.

“Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah), (yaitu) orang-orang yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, orang-orang yang sabar terhadap apa yang menimpa mereka, orang-orang yang mendirikan sembahyang dan orang-orang yang menafkahkan sebagian dari apa yang telah Kami beri rezeki kepada mereka.” (QS. Al-Hajj ayat 34-35).

Baca Juga: 6 Hikmah Disyariatkannya Wudhu, Salah Satunya Melindungi Diri dari Setan

3. Mendapat Doa dari Malaikat

Dari Abu Hurairah ra ia berkata bahwa Nabi Muhammad saw bersabda, “Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak.” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Pahala Berlipat Ganda

Dikutip Labviral.com dari situs resmi MUI pada Jumat, 10 Maret 2023, Imam Syafii dalam kitab Al-Umm bab “Hal-hal yang Diperintahkan di Hari dan Malam Jumat”, menjelaskan sebuah riwayat tentang sedekah.

Baca Juga: Ayu Ting Ting di Mata Boy William: Wanita yang Smart dan Strong Women

“Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca sholawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya sholawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan’.” (Imam Asy Syafii, al-Umm, juz 1, hal. 239).

5. Memperoleh Pahala Sunnah

Keutamaan sedekah di hari Jumat yang selanjutnya adalah bisa mendapat pahala sunnah Nabi Muhammad saw.

Baca Juga: 5 Manfaat Puasa bagi Kesehatan, Cocok Buat yang Lagi Diet

Rasulullah mencontohkan kepada kita agar senantiasa bersedekah pada hari Jumat khususnya ketika siang dan malam hari.

7. Menambah Kekayaan

Dalam Surah Al Baqarah ayat 261, Allah menegaskan bahwa siapa saja yang bersedekah akan diganti dengan jumlah yang berlipa ganda.

Baca Juga: Bikin Jiwa Miskin Teriak-teriak, Ini 7 Koleksi Mobil Antik Andre Taulany

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah ayat 261).

Demikian keutamaan sedekah di hari Jumat yang bisa kita dapatkan. Sampai di sini, jangan ragu mengeluarkan harta untuk berinfak ya!

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini