3 Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadan, Bisa Bikin Rezeki Semakin Lancar

Hadi Mulyono
Minggu 26 Maret 2023, 08:47 WIB
Ilustrasi sedekah. (Sumber : unsplash.com/Madrosah Sunnah)

Ilustrasi sedekah. (Sumber : unsplash.com/Madrosah Sunnah)

LABVIRAL.COM - Terdapat begitu banyak keutamaan sedekah di bulan Ramadan yang bisa diperoleh setiap muslim yang mengamalkannya secara ikhlas.

Bukan soal besar atau kecilnya nominal, namun niat tulus dari dasar hati menjadi faktor utama pahala sedekah atau infak bisa didapat atau tidak.

Dalam Al-Qur'an Allah Swt berfirman yang pada intinya menjelaskan tentang perintah bersedekah.

Baca Juga: Tidur Setelah Subuh saat Ramadan Bikin Rezeki Seret? Begini Penjelasannya

“Wahai orang-orang yang beriman, infakkanlah sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari ketika tidak ada lagi jual beli, tidak ada lagi persahabatan, dan tidak ada lagi syafaat. Orang-orang kafir itulah orang yang zalim.” (QS. Al Baqarah ayat 254).

Selain itu, dalam sebuah hadis dikatakan, “Orang yang memberikan hidangan berbuka puasa kepada orang lain yang berpuasa, ia akan mendapatkan pahala orang tersebut tanpa sedikitpun mengurangi pahalanya.” (HR. At Tirmidzi).

Nah, berikut ini adalah beberapa keutamaan sedekah di bulan Ramadan yang sangat dianjurkan untuk diamalkan.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Amalan Saat Puasa Ramadan, Sesuai Sunnah dan Berpahala Besar

1. Memperlancar rezeki

“Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah), (yaitu) orang-orang yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, orang-orang yang sabar terhadap apa yang menimpa mereka, orang-orang yang mendirikan sembahyang dan orang-orang yang menafkahkan sebagian dari apa yang telah Kami beri rezeki kepada mereka.” (QS. Al-Hajj ayat 34-35).

Baca Juga: 2 Bacaan Doa Buka Puasa Ramadan, Manakah yang Paling Sahih?

3. Mengurangi dosa

Jika kamu menampakkan sedekah-sedekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan-kesalahanmu. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Baqarah ayat 271).

Baca Juga: Jangan Sampai Telat, Segini Umur yang Tepat Buat Anak Berlatih Puasa Ramadan

4. Menolak bala

“Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah. Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah. Obatilah penyakitmu dengan sedekah. Sedekah itu sesuatu yang ajaib. Sedekah menolak 70 macam bala dan bencana, dan yang paling ringan adalah penyakit kusta dan sopak (vitiligo).” (HR. Baihaqi & Thabrani).

Demikian sejumlah keutamaan sedekah di bulan Ramadan yang bisa kita amalkan sebanyak-banyaknya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini