Tidur Setelah Subuh saat Ramadan Bikin Rezeki Seret? Begini Penjelasannya

Hadi Mulyono
Minggu 26 Maret 2023, 08:14 WIB
Tidur setelah subuh. (Sumber : pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tidur setelah subuh. (Sumber : pexels.com/Andrea Piacquadio)

LABVIRAL.COM - Tidur setelah subuh diyakini bisa menghambat datangnya rezeki sehingga kita sangat dianjurkan untuk menghindarinya.

Sebisa mungkin waktu tersebut diisi dengan kegiatan positif seperti dzikir, membaca Al-Qur'an atau bahkan bekerja.

Lalu mengapa tidur setelah sholat subuh terutama saat Ramadan bisa membuat rezeki seret? Simak penjelasannya di bawah ini yuk!

Baca Juga: Rekomendasi 7 Amalan Saat Puasa Ramadan, Sesuai Sunnah dan Berpahala Besar

Larangan tidur setelah subuh

Adab tidur sesuai sunnah.Adab tidur sesuai sunnah.

Menurut Ibnu Qoyyim rahimahullah, "Di antara hal yang makruh menurut para ulama adalah tidur setelah sholat Subuh hingga matahari terbit karena waktu tersebut adalah waktu meraih kebaikan."

Sejalan dengan pendapat tersebut, ulama KH Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya memandang bahwa tidur setelah sholat Subuh hukumnya makruh.

Baca Juga: Sholat Taubat Berapa Rakaat? Yuk, Simak Penjelasannya Mumpung Lagi Ramadan

Alasannya, kita bisa kehilangan banyak berkah dan kebaikan dari waktu tersebut salah satunya mengalami rezeki yang sempit padahal sudah ditebarkan Allah di muka bumi.

Maka dari itu, sehabis sholat subuh sebaiknya kita bangun untuk mengejar mimpi bukan malah melanjutkan mimpi dalam tidur.

Amalan lain yang bikin rezeki seret

Keutamaan sedekah.Ilustrasi rezeki.

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Sholat Taubat Nasuha, Cocok Dimalkan saat Ramadan

Di samping tidur setelah subuh yang bisa bikin rezeki kurang lancar, terdapat amalan lain yang juga sebaiknya dihindari.

1. Syirik

Selain masuk dalam kategori dosa besar yang tidak akan diampuni, syirik juga bisa menghambat datangnya rezeki. Kita tidak boleh menyekutukan Allah dengan meyakini bahwa ada kekuatan lain yang bisa memberi rezeki selain Dia.

Baca Juga: El Rumi Curhat Ramadan Tahun Ini Kebanjiran Tawaran Kerja

Dalam Al-Qur’an sudah dijelaskan bahwa hanya Allah SWT yang Maha Pemberi Rezeki. Sebagaimana dijelaskan dalam Surah Ar-Rum ayat 40 yang artinya:

"Allah-lah yang menciptakan kamu, kemudian memberimu rezeki, kemudian mematikanmu, kemudian menghidupkannya (kembali). Adakah di antara yang kamu sekutukan dengan Allah itu yang dapat berbuat sesuatu dari yang demikian itu? Maha Sucilah Dia dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan." (QS. Ar-Rum ayat 40).

2. Jarang bersedekah

Baca Juga: Niat Sholat Tahajud saat Ramadan Lengkap, Arab, Latin dan Terjemahan

Rasulullah SAW bersabda, “Bersedekahlah kamu dan jangan menghitung-hitung, karena Allah akan menghitung-hitung pula pemberian-Nya kepadamu. Dan janganlah kikir, karena Allah akan kikir pula kepadamu.” (HR Muslim).

Kemudian dalam Surah Ali Imran ayat 180 ditegaskan bahwa kikir atau pelit bisa membuat rezeki seseorang menjadi seret.

“Dan jangan sekali-kali orang-orang yang kikir dengan apa yang diberikan Allah kepada mereka dari karunia-Nya mengira bahwa (kikir) itu baik bagi mereka, padahal (kikir) itu buruk bagi mereka. Apa (harta) yang mereka pikirkan itu akan dikalungkan (di lehernya) pada hari Kiamat. Milik Allah-lah warisan (apa yang ada) di langit dan di bumi. Allah Maha Teliti apa yang kamu kerjakan.” (QS. Ali Imran ayat 180).

Baca Juga: Hukum dan Bacaan Niat Puasa Ramadan Sebulan Penuh, Apakah Diperbolahkan?

3. Tidak pernah bersyukur

Mensyukuri segala karunia-Nya akan membuat rezeki menjadi lancar. Sebaliknya, apabila seseorang tidak pernah bersyukur dan terlalu banyak mengeluh bakal membuat rezeki seret.

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS. Ibrahim ayat 7).

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini