Rekomendasi 7 Amalan Saat Puasa Ramadan, Sesuai Sunnah dan Berpahala Besar

Hadi Mulyono
Sabtu 25 Maret 2023, 06:44 WIB
Amalan saat Ramadan. (Sumber : pixabay.com/iqbal nuril anwar)

Amalan saat Ramadan. (Sumber : pixabay.com/iqbal nuril anwar)

LABVIRAL.COM - Ada begitu banyak amalan saat puasa Ramadan yang sangat dianjurkan bagi setiap muslim untuk menambah pahala.

Dari Abu Hurairah ia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, "Ramadan yang tiba kepada kalian adalah bulan penuh berkah. Allah Swt mewajibkan puasanya dan di dalamnya pintu-pintu langit dibuka dan pintu-pintu neraka Jahim ditutup. Semua setan durhaka dibelenggu. Di dalamnya, Allah menjadikan satu malam lebih baik dari seribu malam. Siapa yang menyia-nyiakan kebaikannya maka sesungguhnya dia akan menderita kerugian." (HR Ahmad, Nasai & Baihaqi).

Nah, di bawah ini Labviral.com akan merekomendasikan amalan apa saja yang bisa menambah pahala selama bulan suci Ramadan. Simak sampai akhir yuk!

Baca Juga: Jadwal Imsak Boyolali 2023, Lengkap Jadwal Buka Puasa dan Waktu Sholat Boyolali Ramadhan 2023

1. Membaca Al-Qur'an

Pahala membaca Al-Qur'an tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Ketika hari-hari biasa, kita pasti akan diganjar banyak pahala apalagi saat bulan Ramadan.

Nabi Muhammad saw bersabda, "Barang siapa membaca satu huruf dari Al-Qur'an, maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan sama dengan sepuluh pahala. Aku tidak memaksudkan Alif, Lam, Mim satu huruf. melainkan Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf." (HR. Darimi & Tirmidzi).

Baca Juga: Jadwal Imsak Blora 2023, Lengkap Jadwal Buka Puasa dan Waktu Sholat Blora Ramadhan 2023

2. Iktikaf

Iktikaf adalah berdiam diri di masjid untuk mengingat Allah dengan cara berdzikir. Pahala yang bisa diraih oleh setiap muslim yang mengerjakannya tentu sangat besar sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadis.

Dari Abu Hurairah ia berkata bahwa Nabi saw bersabda, "Rasul saw dahulu setiap bulan puasa beriktikaf selama sepuluh hari, dan pada tahun di mana beliau meninggal, beliau beriktikaf di bulan Ramadan selama dua puluh hari." (HR. Bukhari & Abu Daud).

Baca Juga: 2 Bacaan Doa Buka Puasa Ramadan, Manakah yang Paling Sahih?

3. Bersedekah

Bersedekah selama bulan suci Ramadan sangat dianjurkan karena bisa mendatangkan banyak keutamaan salah satunya memperlancar rezeki.

Nabi Muhammad saw bersabda, "Sebaik-baik sedekah adalah sedekah yang ditunaikan pada bulan Ramadhan." (HR Tirmidzi, dari Abu Hurairah).

Baca Juga: Jadwal Imsak Banyumas 2023, Lengkap Jadwal Buka Puasa dan Waktu Sholat Banyumas Ramadhan 2023

4. Sholat Tarawih

Amalan saat puasa yang juga tak kalah penting adalah sholat Tarawih selepas Isya. Meski hukumnya sunnah, namun ibadah ini memiliki pahala yang sangat besar.

"Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau" (HR. Bukhari, Muslim, dan lainnya).

Baca Juga: Jadwal Imsak Banjarnegara 2023, Lengkap Jadwal Buka Puasa dan Waktu Sholat Banjarnegara Ramadhan 2023

5. Makan Sahur

Siapa sangka kalau makan sahur merupakan amalan sunnah yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw. Akan lebih utama apabila kita makan sahur pada akhir waktu menjelang subuh.

Dari Anas bin Malik meriwayatkan dari Zaid bin Tsabit, ia berkata, "Suatu hari kami pernah sahur bersama Rasulullah saw, kemudian (tidak lama setelah itu) beliau bangun untuk menunaikah sholat (Subuh)." Lalu aku bertanya, "Berapa jarak antara sahur dan azan?' Beliau menjawab, "Sebanyak lima puluh ayat." (HR. Bukhari & Muslim).

Baca Juga: Jadwal Imsak Kota Cimahi 2023, Lengkap Jadwal Buka Puasa dan Waktu Sholat Kota Cimahi Ramadhan 2023

6. Menyegerakan Berbuka Puasa

Berkebalikan dengan makan sahur yang dianjurkan saat menjelang berakhirnya waktu, ketika berbuka puasa justru lebih utama untuk dilakukan dengan segera.

Rasulullah saw bersabda, "Manusia akan senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan buka puasa." (HR. Bukhari & Muslim, dari Sahl bin Sa'ad).

Dalam riwayat lain dari Abdullah bin Amr bin Ash ia berkata, "Aku mendengar Rasul saw bersabda, 'Sesungguhnya bagi orang yang berbuka puasa ketika ia berbuka, doa yang tidak akan ditolak." (HR. Ibnu Majah).

Baca Juga: Jadwal Imsak Kota Bogor 2023, Lengkap Jadwal Buka Puasa dan Waktu Sholat Kota Bogor Ramadhan 2023

7. Memohon Ampun kepada Allah

Terakhir adalah memohon ampun kepada Allah sepanjang Ramadan dengan cara beristighfar sebanyak-banyaknya.

Diriwayatkan Abu Hurairah, ia mendengar Rasulullah saw bersabda, "Demi Allah! aku beristighfar kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya dalam sehari lebih dari tujuh puluh kali." (HR Bukhari & Ahmad).

Baca Juga: Jadwal Imsak Kota Banjar 2023, Lengkap Jadwal Buka Puasa dan Waktu Sholat Kota Banjar Ramadhan 2023

Demikian sejumlah amalan saat puasa Ramadan sesuai sunnah Nabi saw dan memiliki pahala besar.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini