Cerita Megawati Nangis 3 Hari 3 Malam Gegara Dimarahi Bung Karno: Ini Real Story

Zahwa Elia Azzahra
Senin 22 Mei 2023, 04:10 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (Sumber : Tangkap Layar Video/Youtube/PDIP)

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (Sumber : Tangkap Layar Video/Youtube/PDIP)

LABVIRAL.COM - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri mengaku pernah menangis 3 hari 3 malam karena bertanya kepada ayahnya Proklamator RI Soekarno (Bung Karno) tentang tuduhan kerja sama dengan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Cerita itu disampaikan Megawati saat memberikan sambutan dalam peluncuran 58 buku dalam rangka hari jadi ke-58 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI di Gedung Lemhanas, Jakarta Pusat, Sabtu (20/5/2023). 

Awalnya, Megawati menyoroti  Tap MPR Nomor XXXIII/MPRS/1967 yang menyebut Soekarno melindungi tokoh-tokoh Gerakan 30 September (G30S) PKI. Peraturan itu telah dicabut oleh Tap MPR Nomor I/MPR/2003.

Baca Juga: Ruhut Wanti-wanti Gibran, Dalam Politik Jangan Coba-coba Main Api, Ingat Pesan Megawati!

Kerja sama antara Bung Karno dengan PKI juga dibantah Megawati. Dia kemudian menjelaskan tentang Bung Karno yang ditetapkan sebagai presiden seumur hidup oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS) pada 1963. 

Menurutnya, Bung Karno bekerja sama dengan PKI tidak logis. Sebab, Gerakan 30 September 1965 yang didalangi PKI bertujuan mengambil alih kekuasaan. Saat PKI berupaya makar, Bung Karno adalah presiden RI.

"Dia presiden seumur hidup dibilang mau melakukan tindakan (makar), padahal PKI kan mau mengambil kekuasaan. Logis apa nggak? Menurut saya nggak," ucapnya. 

Baca Juga: Ganjar Beberkan Nama Cawapres Pendampingnya Sudah di Kantong Megawati, Sandiaga?

Megawati menyatakan, tuduhan Bung Karno pernah berkhianat kepada negara telah gugur secara hukum. Pasalnya, Bung Karno telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
News

Megawati: Mana Ada Survei Mau Gratis

Minggu 30 April 2023, 16:46 WIB
Megawati: Mana Ada Survei Mau Gratis
Berita Terkini