Peneliti Formappi: Partai Usung Caleg Artis untuk Pemilu Doang, Sejak Kapan Pikirkan DPR?

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 24 Mei 2023, 03:36 WIB
Infografis Perang Artis di Pemilu 2024

Infografis Perang Artis di Pemilu 2024

LABVIRAL.COM - Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus menyorot banyaknya partai yang mengucung artis sebagai calon legislatif (caleg).

Lucius menilai, partai politik kini hanya mementingkan elektabilitasnnya saja. Mereka, lanjutnya, hanya memanfaatkan ketenaran artis untuk mengeruk suara.

"Memang sejak kapan partai politik memikirkan DPR? Bagi partai politik, anggota DPR akan berkinerja baik kalau melayani kepentingan partainya," kata Lucius di Gedung Bawaslu Jakarta, Selasa (23/5/2023). 

Baca Juga: Aldi Taher Jadi Bacaleg Perindo dan PBB, Mamat Alkatiri Tertawa Terguling-guling: KPU Pusing, Partai Pusing, Politisi Pusing

"Kalau kemudian partai-partai mengusung caleg artis itu semata untuk kepentingan pemilu doang untuk mendapatkan kursi dan bukan seberapa kemudian anggota memperjuangkan kepentingan rakyat," imbuhnya.

Masih kata Lucius, Indonesia semakin sulit mencari pemimpin yang berkualitas pascareformasi.

"Bagaimana membangun perubahan di parlemen setelah pemilu nanti itu sama sekali tidak ada karena partai politik tidak menginginkan parlemen itu menjadi lebih baik. Kalau parlemen lebih baik partai politik akan dikuliti dan bukan keinginan partai politik," tuturnya.

Baca Juga: Cara Membuat SKCK Online di Aplikasi Presisi Polri Super App, untuk Berkas Lamaran Kerja hingga Daftar Caleg

Fenomena Artis Jadi Caleg 

PDIP

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini