7 Manfaat Kopi bagi Kesehatan, dari Menurunkan Berat Badan hingga Mencegah Kanker

Sunardi
Rabu 15 Maret 2023, 19:26 WIB
Ilustrasi biji kopi (Sumber : freepick.com)

Ilustrasi biji kopi (Sumber : freepick.com)

LABVIRAL.COM - Sebagian besar orang menganggap bahwa kopi hanya sebagai minuman penghilang rasa kantuk saja. Padahal, lebih dari itu ada manfaat kopi bagi kesehatan.

Di dalam kopi tak hanya mengandung kafein. Di dalam kopi megandung berbagai nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Kandungan apa saja yang ada di dalam kopi? Dilansir dari Situs Data Pangan Indonesia, bahwa di dalam 100 gram kopi bubuk instan mengandung nutrisi yaitu air: 2,6 g, energi: 129 kalori (Kal), lemak: 0,5 g, protein: 12,3 g, abu (ASH): 9,7 g, karbohidrat (CHO): 35,0 g, fosfor (P): 383 mg, kalsium (Ca): 179 miligram (mg), besi (Fe): 5,6 mg, natrium (Na): 72 mg, tembaga (Cu): 0,14 mg, kalium (K): 3,256 mg, kiboflavin (Vit. B2): 0,21 mg, dan niasin (Niacin): 30,6 mg.

Dengan berbagai kandungan tersebut, lalu apa saja manfaat kopi bagi kesehatan? Berikut berbagai manfaat kesehatan kopi bagi tubuh dihimpun dari berbagai sumber:

1. Menjaga berat badan

Ilustrasi menurunkan berat badan

Beberapa studi menyebut jika perbandingan antarindividu yang sedang ingin menurunkan berat bedan dengan mengonsumsi kopi dan tidak mengonsumsi kopi. Hasilnya, individu yang mengonsumsi kopi cenderung lebih berhasil menurunkan berat badannya.

2. Menjaga kesehatan jantung

Ilustrasi seseorang mengalami sakit di dadanya

Merujuk dari laporan Harvard School of Public Health, bahwa meminum kopi secara rutin mungkin dapat menurunkan risiko adanya penyakit jantung.

Selain itu, di dalam 4 cangkir kopi atau lebih yang kamu minum sehari disinyalir dapat menurunkan 20 persen risiko stroke dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi sama sekali.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini