4 Hadits tentang Pentingnya Berbagi Ilmu, Sampaikanlah Walau Sedikit

Hadi Mulyono
Selasa 30 Mei 2023, 13:35 WIB
Hadits berbagi ilmu (Sumber : unsplash.com/Masjid MABA)

Hadits berbagi ilmu (Sumber : unsplash.com/Masjid MABA)

LABVIRAL.COM - Selain Al-Qur'an, terdapat sejumlah hadits berbagi ilmu yang penting untuk diketahui setiap muslim.

Anugerah luar biasa yang diberikan Allah Swt tersebut perlu disebarluaskan kepada orang lain agar bisa mendatangkan keberkahan.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا۟ فِى ٱلْمَجَٰلِسِ فَٱفْسَحُوا۟ يَفْسَحِ ٱللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ ٱنشُزُوا۟ فَٱنشُزُوا۟ يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Yā ayyuhallażīna āmanū iżā qīla lakum tafassaḥụ fil-majālisi fafsaḥụ yafsaḥillāhu lakum, wa iżā qīlansyuzụ fansyuzụ yarfa'illāhullażīna āmanụ mingkum wallażīna ụtul-'ilma darajāt, wallāhu bimā ta'malụna khabīr.

Baca Juga: 5 Hadits tentang Haji yang Menjelaskan Hukum dan Keutamaannya

Artinya: "Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu, 'Berlapang-lapanglah dalam majelis', maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, 'Berdirilah kamu', maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. Al Mujadalah ayat 11)

Berikut merupakan beberapa hadits tentang berbagi ilmu yang bisa dijadikan motivasi, terutama bagi kalangan guru, ustadz, kiai dan seterusnya.

1. Pahala ilmu akan dibawa mati

Dari Abu Qatadah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Sebaik-baiknya apa yang ditinggalkan oleh seseorang setelah ia meninggal dunia adalah tiga hal, yang pertama anak saleh yang mendoakannya, sedekah jariyah, dan ilmu yang diamalkan setelahnya." (HR. Ibnu Majah).

Baca Juga: 3 Hadits tentang Berbuat Baik, Cerminkan Islam Rahmatan Lil Alamin

2. Pahala terus mengalir

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah saw bersabda, "Sesungguhnya yang sampai kepada seorang mukmin dari amalannya dan kebaikannya setelah meninggal dunia ialah, ilmu yang ia ajarkan dan ia sebarkan, anak saleh yang ia tinggalkan, mushaf Al-Qur’an yang ia wariskan, masjid yang ia bangun, rumah yang diperuntukkan untuk ibnu sabil yang ia bangun, sungai yang ia alirkan, sedekah yang ia keluarkan dari hartanya dalam keadaan sehat dan hidup." (HR Ibnu Majah, Al-Baihaqi dan Khuzaimah).

3. Ilmu tidak boleh disembunyikan

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini