Ijazah KH Maimun Zubair tentang Sholat Qabliyah Subuh Agar Dijauhkan dari Kesusahan

Hadi Mulyono
Selasa 07 Maret 2023, 20:50 WIB
KH Maimun Zubair (Sumber : NU Online Jabar)

KH Maimun Zubair (Sumber : NU Online Jabar)

LABVIRAL.COM - Ulama asal Rembang, Jawa Tengah, KH Maimun Zubair alias Mbah Moen dikenal kerap memberi ijazah berbagai amalan bagi umat Islam.

Kiai yang wafat pada tahun 2019 silam ini pernah menyampaikan sebuah petuah agar seseorang dijauhkan dari kesusahan.

Lantas, amalan apa yang dianjurkan oleh Mbah Moen agar seseorang selalu dimudahkan segala urusannya? Simak sampai habis artikel ini ya!

Baca Juga: Mengenal RX-78-2, Gundam Pioner sekaligus Gunpla yang Pertama Kali Diproduksi Oleh Bandai

Amalan saat Sholat Qabliyah Subuh

Ulama kharismatik kelahiran 28 Oktober 1928 ini pernah mengingatkan betapa pentingnya mengerjakan sholat sunnah qabliyah subuh.

"Ketika Subuh, sholat sunnah qabliyah subuh. Kalau masih muda membaca alam nashrah (Surah Al-Insyirah) pada rakaat yang pertama. Rakaat kedua membaca alam tara (Al-Fil),” kata KH Maimun Zubair dikutip Labviral.com pada Selasa, 7 Maret 2023.

KH Maimun Zubair menambahkan, seseorang yang konsisten membaca dua surah tersebut saat sholat qabliyah subuh maka ia tidak akan merasa kesusahan.

Baca Juga: Link Trailer Surga di Bawah Langit, Kisah Haru Biru 3 Anak Berjuang Hidup Demi Pendidikan

“Mergo dawuhe kanjeng Nabi, ‘Sing moco surah loro iku sholat qabliyah subuh ora iso susah, (Karena sabda Nabi Muhammad, barangsiapa membaca dua surah tersebut dalam sholat qabliyah subuh, hidupnya tidak akan susah),” tambah Mbah Moen.

Jika ditilik lebih jauh, tips dari Mbah Moen tersebut bukan sembarangan. Pasalnya, keutamaan sholat qabliyah Subuh pernah diterangkan oleh Nabi Muhammad saw.

Dari Aisyah ra ia meriwayatkan dari Rasulullah saw bahwa beliau bersabda, "Dua rakaat (sebelum) fajar (sholat Subuh) lebih baik (nilainya) dari dunia dan seisinya." (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Baca Juga: Sinopsis Surga di Bawah Langit, Kisah Mengharukan 3 Anak Kaum Marginal untuk Meraih Pendidikan

Begitulah ijazah amal dari KH Maimun Zubair alias Mbah Moen yang bisa rutin diamalkan sebelum sholat subuh.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini