Elektabilitas Ganjar Pranowo Naik, Anies Malah Turun di Kalangan Pemilih Kritis

Annisa Fadhilah
Jumat 02 Juni 2023, 11:27 WIB
Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo memiliki cara pandang berbeda dalam menyikapi Hari Lahir Pancasila (Sumber : Istimewa)

Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo memiliki cara pandang berbeda dalam menyikapi Hari Lahir Pancasila (Sumber : Istimewa)

LABVIRAL.COM - Lembaga Survei SMRC rilis hasil survei 'Evaluasi Kinerja Presiden dan Pilihan Capres 2024 dari para Pemilih Kritis pada Minggu (28/5/2023) lalu.

Menurut hasil survei tersebut, bakal calon presiden (Bacapres) yang Ganjar Pranowo membukukan elektabilitas tertinggi dalam survei yang dilakukan melalui telepon ini pada 23-24 Mei 2023 tersebut.

Elektabilitas Ganjar sebesar 35,9%, ini unggul dari Bacapres Partai Gerindra Prabowo Subianto yang memperoleh 32,8% dan bacapres yang diusung Koalisi Perubahan Untuk Persatuan dengan Bacapres Anies Baswedan yang mendapatkan 20,1%.

Baca Juga: Bakmi Pak Pele Jogja, Kuliner Mi Melegenda sejak 1983

Namun dalam survei ini, masih ada 11,3% responden yang belum menjawab.

Direktur Riset SMRC Deni Irvani mengatakan, kelompok pemilih kritis, elektabilitas Ganjar naik dari 31,1% menjadi 35,9%. Pun dengan Prabowo naik dari 29,7% menjadi 32,8%.

Sementara, elektabilitas Anies merosot menjadi 20,1% pada survei terakhir 23-24 Mei 2023.

Baca Juga: Momen Presiden Jokowi Makan Malam di Bakmi Legendaris Jogja Pak Pele

Deni menjelaskan pemilih kritis adalah pemilih yang punya akses ke sumber-sumber informasi sosial-politik secara lebih baik. Ini karena mereka memiliki telepon atau cellphone sehingga bisa mengakses internet untuk mengetahui dan bersikap terhadap berita-berita sosial-politik.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini