Hasil Survei: Prabowo Subianto Menepati Hati Pemilih Jawa Timur

Annisa Fadhilah
Sabtu 03 Juni 2023, 00:44 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (Sumber : Instagram/prabowo)

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (Sumber : Instagram/prabowo)

LABVIRAL.COM - Lembaga survei Fixpoll Research and Strategic Consulting rilis hasil survei elektabilitas bakal calon presiden (Bacapres) Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024 untuk Provinsi Jawa Timur.

Hasilnya, bacapres Gerindra Parbowo Subianto teratas, disusul bacapres PDIP Ganjar Pranowo dan bacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan dan Partai Golkar Airlangga Hartanto.

Perlu diketahui, survei ini dilakukan pada 9 hingga 16 Mei 2023 di Provinsi Jawa Timur saja. Metode survei menggunakan metode penarikan sampel multistage random sampling.

Baca Juga: Elektabilitas Ganjar Pranowo Naik, Anies Malah Turun di Kalangan Pemilih Kritis

Survei melibatkan sebanyak 840 responden dengan margin of erroR kurang lebih 3% pada tingkat kepercayaan 95%.

Dalam survei ini, responden disodorkan pertanyaan 'jika Bapak/Ibu/Saudara saat ini datang ke TPS dan berada di dalam bilik suara, dari 4 nama-nama calon presiden di bawah ini mana yang akan dipilih?'

Dari 4 nama ini, Pak Prabowo menempati urutan pertama di Jatim. Pak Ganjar urutan kedua," kata Direktur Eksekutif Fixpoll Muhammad Anas saat merilis hasil survei.

Baca Juga: Yenny Wahid Bongkar Borok Cak Imin, Pesimis Jadi Cawapres Prabowo Subianto, Rakyat Bisa Ditinggal

Hasil ini menunjukkan ada 4 tokoh yang muncul dengan elektabilitas tertinggi. Prabowo menempati urutan pertama dengan elektabilitas sebesar 35,8%, sedangkan urutan terbawah diduduki Ketum Golkar Airlangga Hartarto dengan suara 3,0%.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini