Doa Nabi Muhammad saat di Depan Ka'bah Lengkap dengan Keutamaannya

Hadi Mulyono
Sabtu 03 Juni 2023, 13:57 WIB
Ilustrasi doa di depan Ka'bah. (Sumber : pexels.com/Haydan As-soendawy)

Ilustrasi doa di depan Ka'bah. (Sumber : pexels.com/Haydan As-soendawy)

LABVIRAL.COM - Buat kamu yang diberi kesempatan naik haji dan umroh, perlu kiranya mengetahui bacaan doa Nabi Muhammad saat di depan Ka'bah.

Tempat yang menjadi kiblat seluruh umat Islam di dunia tersebut dipercaya menjadi lokasi yang mustajab untuk memanjatkan doa kepada Allah.

Lantas, bagaimana bacaan doa yang pernah diucapkan Rasulullah saw tatkala berada di tempat tersebut? Simak sampai habis ya!

Baca Juga: Isi Khotbah Nabi Muhammad saat Haji Wada yang Mengharukan

Bacaan doa di depan Ka'bah

Titik paling afdhol untuk berdoa di area Ka'bah ialah di Multazam. Dikutip dari situs resmi Kabupaten Lombok Barat pada Sabtu, 3 Juni 2023, Multazam adalah dinding Ka’bah yang terletak di antara Hajar Aswad dan pintu Ka’bah.

Dalam Fadhail Makkah wa Hurmat al-Bayt al-Haram, Atiq bin Ghaits Al-Biladi menjelaskan bahwa panjang antara pintu Ka’bah dengan hajar aswad sekitar empat hasta.

Di tempat yang diburu jemaah dari seluruh dunia itulah, kita disarankan untuk membaca doa berikut:

Baca Juga: Mengenal Sa'i dalam Ibadah Haji, Hukum hingga Tata Caranya

يا رَبِّ البيت العتيق إعتق رِقاَبَنَا وَرِقَابَ آبائِنَا وَأُمّهَاتِنَا وَإِخْوَانِنَا وَأَوْلَادِنَا وَأَحِبَّتِنَا وَجَمْيعِ الْمُسْلِمَيْنَ مِن النَّارِ يَا ذاَ الْجُوْدِ واَلْكَرَمِ وَالْفَضْلِ وَالْمَنِّ وَالْعَطَاءِ وَالْإِحْسانِ اللهمّ أحْسِنْ عَاقِبَتَنَا فِي الأُمُورِ كُلِّهَا، وَأجِرْنَا مِنْ خِزْيِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ

اَللّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ وَابْنُ عَبْدِكَ واقِفٌ تَحْتَ بَابِكَ مُلْتَزمٌ بِأعْتَابِكَ مُتَذَلِّلٌ بَيْنَ يَدَيْكَ، أَرْجُوْ رَحْمَتَكَ وَأَخْشَى عَذَابَكَ يَا قَدِيْمَ الْإحْسَانِ، اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ أنْ تَرْفَعَ ذِكْرِي، وَتَضَعَ وِزْرِي، وَتُصْلِحَ أمْرِي، وَتُطَهِّرَ قَلْبِي، وَتُحَصِّنَ فَرْجِي، وَتُنَوِّرَ قَلْبِي، وَتَغْفِرَ لِي ذَنْبِي، وَأَسْأَلُكَ الدَّرَجَاتِ الْعُلَا مِنَ الْجَنَّةِ

Artinya: "'Ya Allah yang memelihara Al-Baitul Atieq (Ka'bah) merdekakanlah kami, bapak-bapak kami, ibu-ibu kami, saudara-saudara kami dan anak-anak kami dari belenggu api neraka Wahai Yang Maha Murah, Yang Maha Mulia, Yang Maha Utama, Yang Maha Pengarunia, Yang Maha Pemberi Kebaikan. Ya Allah jadikanlah segala urusan kami mendatangkan kebajikan, jauh dari segala kehinaan dunia dan siksa akhirat.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini