Prabowo Subianto Tepati Nomor 1 Elektabilitas Tinggi Di Kalangan NU

Annisa Fadhilah
Minggu 04 Juni 2023, 13:46 WIB
Kolase Foto: Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan (Sumber : Instagram)

Kolase Foto: Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan (Sumber : Instagram)

LABVIRAL.COM -Survei Litbang Kompas menunjukkan bahwa bakal calon presiden (Bacapres) Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi kandidat presiden dengan elektabilitas tertinggi di kalangan pemilih Nahdlatul Ulama (NU).

Dikethui, Prabowo menyalip Ganjar Pranowo. yang pada survei sebelumnya memiliki elektabilitas paling tinggi dari sampel pemilih NU.

Hasi survei Litbang Kompas pada Mei 2023, eletktabilitas Prabowo di kalangan NU mencapai 25,8 persen. Naik sekitar 7 persen dari hasil survei yang sama pada Januari 2023.

Sementara itu, Ganjar berada di uruan kedua dengan elektabilitas sebesar 24,9 persen pada sampel segmen NU. Turun 3 persen dari survei Litbang Kompas bulan Januari 2023.

Baca Juga: Polling Tifatul Sembiring, Anies Baswedan Menang 81,9 Persen, Netizen: Yang Ikut Survei Orang PKS Semua

Kemudian, di urutan terakhir ada Anies Baswedan dengan tingkat elektabilitas di kalangan Nahdliyin cuma 12,3 persen. Angka ini turun sekitar 1 persen dari survei sebelumnya.

Meskipun posisinya tergeser oleh Prabowo dalam raihan elektabilitas di kelompok NU, dominasi pemilih Ganjar di kelompok pemilihnya masih lebih banyak segmen NU-nya.

Baca Juga: Hasil Survei: Prabowo Subianto akan Menang Jika Pemilu Dilakukan Hari Ini

Sosok lain yang dipertimbangkan oleh kalangan NU sebagai bacapres di antaranya adalah Ridwan Kamil (7,1 persen), Sandiaga Uno (1,3 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (1,3 persen), Mahfud MD (0,9 persen), Tri Rismaharini (0,7 persen), Erick Thohir (0,7 persen), dan Andika Perkasa (0,5 persen).

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini