6 Pahala Sholat Berjamaah Menurut Hadis, Sayang Jika Ditinggalkan

Hadi Mulyono
Senin 05 Juni 2023, 15:40 WIB
Ilustrasi sholat berjamaah. (Sumber : unsplash.com/Rumman Amin)

Ilustrasi sholat berjamaah. (Sumber : unsplash.com/Rumman Amin)

LABVIRAL.COM - Meski bisa dikerjakan sendirian, tetapi sholat berjamaah jauh lebih utama karena memiliki pahala yang luar biasa besar.

Berkat sholat jamaah pula umat agama Islam bisa semakin bersatu tanpa pandang latar belakang masing-masing terlebih dahulu.

Lalu apa saja pahala sholat berjamaah yang sayang jika ditinggalkan? Simak artikel ini sampai habis ya!

Baca Juga: Keutamaan Membaca Doa Iftitah Sesuai Hadis Setiap Salat

1. Pahala berlipat ganda

Rasulullah saw bersabda, “Sholat seorang laki-laki dengan berjamaah dibanding sholatnya di rumah atau di pasarnya lebih utama (dilipat gandakan) pahalanya dengan dua puluh lima kali lipat.

Yang demikian itu karena bila dia berwudhu dengan menyempurnakan wudhunya lalu keluar dari rumahnya menuju masjid, dia tidak keluar kecuali untuk melaksanakan sholat berjamaah, maka tidak ada satu langkah pun dari langkahnya kecuali akan ditinggikan satu derajat, dan akan dihapuskan satu kesalahannya.

Apabila dia melaksanakan sholat, maka para malaikat akan turun untuk mendoakannya selama dia masih berada di tempat sholatnya, "Ya Allah ampunilah dia. Ya Allah rahmatilah dia." Dan seseorang dari kalian senantiasa dihitung dalam keadaan sholat selama dia menanti pelaksanaan sholat." (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Inara Rusli Puasa dan Salat Malam untuk Kekacauan Pernikahannya dengan Virgoun

2. Lebih utama dibanding sholat sendirian

Dalam sebuah hadis dikatakan, "Sholat berjamaah lebih utama 27 derajat dibanding sholat sendirian." (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Dilindungi dari gangguan setan

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini