5 Dalil Al-Qur'an dan Hadits tentang Perintah Berkurban saat Idul Adha

Hadi Mulyono
Sabtu 10 Juni 2023, 14:57 WIB
Ilustrasi kambing kurban idul adha. (Sumber: unsplash.com/Qamma Farm)

Ilustrasi kambing kurban idul adha. (Sumber: unsplash.com/Qamma Farm)

LABVIRAL.COM - Menjelang datangnya hari raya Idul Adha seperti sekarang ini, umat Islam di seluruh dunia mulai bersiap mencari binatang ternak (sapi dan kambing) untuk disembelih.

Kurban adalah suatu cara mendekatkan diri kepada Allah dengan menyembelih hewan ternak untuk dibagikan kepada yang berhak mendapatkannya.

Perintah untuk berkurban pada hari raya Idul Adha (10 Zulhijah) tertuang dalam sejumlah ayat dan hadits Nabi Muhammad saw sebagai berikut.

Baca Juga: Cara Minum Air Zamzam yang Benar Sesuai Sunnah

1. Surah Al Hajj ayat 34

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنسَكًا لِّيَذْكُرُوا۟ ٱسْمَ ٱللَّهِ عَلَىٰ مَا رَزَقَهُم مِّنۢ بَهِيمَةِ ٱلْأَنْعَٰمِ ۗ فَإِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَٰحِدٌ فَلَهُۥٓ أَسْلِمُوا۟ ۗ وَبَشِّرِ ٱلْمُخْبِتِينَ

Wa likulli ummatin ja'alnā mansakal liyażkurusmallāhi 'alā mā razaqahum mim bahīmatil-an'ām, fa ilāhukum ilāhuw wāḥidun fa lahū aslimụ, wa basysyiril-mukhbitīn

Artinya: "Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah)." (QS. Al Hajj ayat 34).

Baca Juga: Doa Setelah Adzan Sesuai Sunnah Beserta Keutamaannya

2. Surah Al-Kautsar

إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ
فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ
إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ

Innaa a'thaynaaka alkawtsara (1) fashalli lirabbika wainhar (2) inna syaani-aka huwa al-abtaru (3).

Artinya: "Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. (1) Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah. (2) Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus. (3)" (QS. Al Kautsar ayat 1-3).

Baca Juga: Amalan Setelah Sholat Tahajud Sesuai Sunnah agar Keinginan Cepat Terkabul

3. Alasan kambing jadi hewan kurban

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini