Doa Setelah Adzan Sesuai Sunnah Beserta Keutamaannya

Hadi Mulyono
Senin 29 Mei 2023, 17:19 WIB
Doa setelah adzan. (Sumber : unsplash.com/Madrosah Sunnah)

Doa setelah adzan. (Sumber : unsplash.com/Madrosah Sunnah)

LABVIRAL.COM - Sebagai muslim, apakah kamu sudah hafal dengan bacaan doa setelah adzan yang mempunyai banyak keutamaan?

Jika belum, maka artikel ini adalah solusinya karena bakal menerangkan lafal doa tersebut lengkap dengan keutamaannya.

Dalam sebuah hadis dari Abdullah bin Amr, dia mendengar Nabi saw bersabda, "Jika kalian mendengar muadzin, maka ucapkanlah sebagaimana yang ia ucapkan. Kemudian bersholawatlah kepadaku. Karena barangsiapa bersholawat untukku sekali, maka dengannya Allah akan bersholawat untuknya sepuluh kali.

Baca Juga: Doa untuk Orang Berangkat Haji, Bekal Terbaik Menuju ke Tanah Suci

Kemudian mintalah wasilah kepada Allah untukku. Ia adalah sebuah tempat di surga yang tak diraih kecuali oleh seorang hamba di antara hamba-hamba Allah. Dan aku berharap ia adalah aku. Barangsiapa memintakan untukku wasilah kepada Allah, maka dia layak mendapat syafaatku.” (HR. Muslim).

Doa setelah adzan

اللَّهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ، آتِ سَيِّدَنَا مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ، اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma Rabba haadzihid-da’watit-taammah, wash-sholaatil-qaa’imah, aati sayyidanaa Muhammadanil-washiilata wal-fadhilah wash-syarafa wad-darajatal-‘aliyatar-rafii’ah, wab’atshu maqaamam-mahmudanil-ladzi wa’adtah, innaka laa tukhliful-mii’aad, yaa Arhamar-Raahimiin.

Baca Juga: Doa Setelah Membaca Surah Yasin Terlengkap, Arab, Latin hingga Keutamaannya

Artinya: "Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna, dan sholat yang akan didirikan, karuniakanlah junjungan kami nabi Muhammad tempat yang luhur, kelebihan, kemuliaan, dan derajat yang tinggi. Dan tempatkanlah ia pada kedudukan yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji. Wahai dzat yang Maha Penyayang."

Keutamaan doa setelah adzan

Di awal artikel, sudah sedikit disinggung mengenai keutamaan membaca doa sesudah adzan yang pasti didengar setiap hari.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini