2 Hewan yang Halal Dimakan Tanpa Disembelih, Muslim Harus Tahu

Hadi Mulyono
Kamis 15 Juni 2023, 19:27 WIB
Bangkai yang halal dimakan. (Sumber : pexels.com/Max Mishin)

Bangkai yang halal dimakan. (Sumber : pexels.com/Max Mishin)

LABVIRAL.COM - Seluruh umat Islam tanpa terkecuali, diwajibkan mengonsumsi makanan atau minuman yang halal sesuai petunjuk yang diberikan Allah dan Rasul-Nya.

Dari sekian banyak makanan yang halal, tahukah kamu bahwa ada beberapa jenis bangkai hewan yang boleh dimakan?

Tanpa perlu panjang lebar lagi, langsung saja simak artikel ini sampai habis ya. Keep scrolling!

Baca Juga: Apakah Burung Puyuh Halal? Simak Penjelasannya Biar Gak Asal Makan

Dua jenis hewan yang halal tanpa disembelih

Semua binatang, wajib hukumnya untuk disembelih terlebih dahulu sebelum diolah menjadi suatu makanan. Jika tidak disembelih, maka dianggap sebagai bangkai yang jelas diharamkan dalam agama Islam.

Meski kebanyakan hewan harus disembelih, namun terdapat dua jenis hewan yang tidak memerlukan proses penyembelihan. Hewan yang dimaksud adalah ikan dan belalang, sebagaimana dijelaskan dalam suatu hadis Nabi Muhammad saw.

Dari Ibnu Umar ra ia berkata, Rasulullah saw bersabda, "Dihalalkan bagi kami dua bangkai dan dua darah. Dua bangkai yaitu belalang dan ikan. Adapun dua darah yaitu hati dan limpa." (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Baca Juga: Perayaan Milad ke 56 dan Halal Bihalal, IKA UII Usung Tema Brotherhood Till Jannah

Pedoman tentang makanan dan minuman yang halal juga terdapat dalam Al-Qur'an tepatnya Surah Al-Maidah ayat 3.

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ ٱلْمَيْتَةُ وَٱلدَّمُ وَلَحْمُ ٱلْخِنزِيرِ وَمَآ أُهِلَّ لِغَيْرِ ٱللَّهِ بِهِۦ وَٱلْمُنْخَنِقَةُ وَٱلْمَوْقُوذَةُ وَٱلْمُتَرَدِّيَةُ وَٱلنَّطِيحَةُ وَمَآ أَكَلَ ٱلسَّبُعُ إِلَّا مَا ذَكَّيْتُمْ وَمَا ذُبِحَ عَلَى ٱلنُّصُبِ وَأَن تَسْتَقْسِمُوا۟ بِٱلْأَزْلَٰمِ ۚ ذَٰلِكُمْ فِسْقٌ ۗ ٱلْيَوْمَ يَئِسَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ مِن دِينِكُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَٱخْشَوْنِ ۚ ٱلْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِى وَرَضِيتُ لَكُمُ ٱلْإِسْلَٰمَ دِينًا ۚ فَمَنِ ٱضْطُرَّ فِى مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِّإِثْمٍ ۙ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini