Profil Yusril Ihza Mahendra, Tokoh yang Siap Jadi Cawapres 2024

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 15 Juli 2023, 21:53 WIB
Profil Yusril Ihza Mahendra

Profil Yusril Ihza Mahendra

LABVIRAL.COM - Profil Yusril Ihza Mahendra menarik diulas karena baru saja menyatakan kesiapannya menjadi calon wakil presiden untuk mendampingi Prabowo Subianto.

Pengakuan Yusril Ihza Mahendra disampaikan usai menghadiri praperadilan mantan Direktur Utama Bank Jambi, Yunsak El Halcon di Pengadilan Negeri Jambi, Senin (10/07/2023).

Yusril merupakan pria kelahiran 5 Februari 1956 di Belitung Timur. Yusril pernah mengemban jabatan penting di Indonesia, yakni sebagai Menteri Sekretaris Negara, Anggota DPR/MPR RI, Menteri Hukum dan Perundang-Undangan, Menteri Kehakiman (sekarang Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia).

Baca Juga: Rekomendasi 5 Bengkel Panggilan Yogyakarta untuk Mobil dan Motor

Profil Yusril Ihza Mahendra

Yusril pernah ditunjuk sebagai Ketua Tim Hukum dan pengacara untuk pasangan calon Presiden Bapak Joko Widodo dan calon Wakil Presiden Bapak Ma’ruf Amin di Pemilihan Presiden 2019 dan memenangkan persidangan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi pada 2019. Berdasarkan karier dan pengetahuan yang dimiliki beliau dalam bidang hukum, beliau juga merupakan pakar hukum di bidang hukum tata negara.

Yusril adalah anggota dari Persatuan Advokat Indonesia (PERADI) dan ketua persekutuan (pemilik dan pendiri) dari Kantor Advokat Ihza & Ihza Law Firm.

Baca Juga: Cara Ampuh Mengatasi This Site Can't be Reached Saat Browsing

Pendidikan Yusril Ihza Mahendra

Yusril memperoleh gelar Sarjana di Universitas Indonesia jurusan Ilmu filsafat pada 1983. Dia kemudian melanjutkan studinya pada Program Pasca Sarjana Universitas Indonesia dengan bidang studi Hukum dan Ilmu Islam pada 1983.

Yusril melanjutkan pendidikannya pada program Pasca Sarjana Humaniora dan Ilmu Sosial di Universitas Punjab Pakistan.

Yusril kemudian melanjutkan kembali pendidikannya pada Universitas Sains Malaysia, dengan meraih gelar pada Program Pascasarjana yaitu Master of Science (M.Sc.) beserta gelar Doktor of Philosophy (Ph.D.) dalam bidang ilmu politik di Institut Pendidikan Doktoral pada 1993.

Setelah itu, Yusril diangkat sebagai Guru Besar Ilmu Hukum di Universitas Indonesia yang hingga saat ini menyandang status sebagai professor hukum.

Keluarga Yusril Ihza Mahendra

Yusril adalah putra ke 6 dari 11 bersaudara dari pasangan Idris bin Haji Zainal Abidin dan Nursiha Binti Jama Sandon. Keluarga dari pihak ayahnya berasal dari Johor. Kakek buyutnya, Tengku Haji Mohammad Thaib, merupakan seorang bangsawan Kesultanan Johor di masa lampau. Jejak leluhurnya ada di Pulau Lingga dan Pulau Penyengat di Provinsi Kepulauan Riau sekarang.

Keluarga ayah Yusril  telah menetap di Belitung sejak akhir abad 19. Sedangkan keluarga pihak ibunya berasal dari Aie Tabik, Payakumbuh, Sumatra Barat. Kakeknya dari pihak ibu, Jama Sandon, seorang keturunan Persia, cucu dari seorang ulama yang oleh masyarakat dikenal dengan nama Datuk Keramat Lais, yang menyebarkan agama Islam di Belitung atas perintah dari Sultan Aceh pada abad 18.

Pada abad ke-19, keluarga neneknya dari pihak ibu pergi merantau dari ranah Minangkabau ke daerah Kampar di Provinsi Riau sekarang, dan akhirnya mereka menetap di Pulau Belitung.

Kakek Yusril dari pihak ayah, Haji Zainal Abidin bin Haji Ahmad dikenal sebagai seorang ulama yang disegani di Pulau Belitung. Sementara ayahnya, Idris bin Haji Zainal juga dikenal sebagai ulama berhaluan moderat, aktivis Partai Masyumi, seniman dan sutradara teater tradisional.

Yusril menikah dengan Rika Tolentino Kato, wanita berdarah campuran Jepang-Philipina yang memilih untuk memeluk agama Islam pada tahun 2006. Rika Kato kemudian menjadi warganegara Indonesia.

Dari pernikahan itu mereka memperoleh dua orang anak masing-masing Ishmael Zacharias Mahendra (laki-laki) dan Anissa Zulaikha Mahendra (perempuan).

Sebelum menikah dengan Rika Kato, Yusril menikah dengan Kessy Sukaesih, wanita berdarah Sunda-Betawi, namun perkawinan dengan Kessy Sukaesih itu berakhir dengan perceraian pada 2005.

Dari perkawinannya dengan Kessy Sukaesih, Yusril diikaruniai empat orang anak yakni Yuri Kemal Fadlullah (laki-laki), Kenia Khairunissa Mahendra (perempuan), Meilany Alissa (perempuan) dan Ali Reza Mahendra (laki-laki).

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini