6 Kedahsyatan Kalimat Tahlil yang Harus Sering Dibaca

Hadi Mulyono
Senin 24 Juli 2023, 13:17 WIB
Kedahsyatan kalimat tahlil. (Sumber : freepik.com/karlyukav)

Kedahsyatan kalimat tahlil. (Sumber : freepik.com/karlyukav)

LABVIRAL.COM - Kalimat tahlil Laa ilaaha illallah menjadi salah satu bacaan yang sering terdengar khususnya di kalangan umat muslim.

Bahkan saking seringnya diamalkan, muncul sebuah istilah tahlilan yang merujuk pada kegiatan atau acara membaca kalimat tahlil.

Lantas, apa saja kedahsyatan kalimat tahlil ini? Tanpa perlu berlama-lama langsung saja simak penjelasannya di bawah ini ya.

Baca Juga: Arti Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil, Waktu Utama Membaca dan Keutamannya

1. Membuat orang menjadi muslim

Menurut penjelasan Gus Baha, walaupun kalimat ini cukup pendek namun mempunyai makna yang luar biasa mendalam.

Seseorang yang beragama Islam selama puluhan tahun, kemudian ketika meninggal dunia mengingkari kalimat tahlil maka bisa dianggap musyrik. Sebaliknya, orang yang musyrik selama puluhan tahun lalu meninggal dengan mengucap kalimat tahlil maka dianggap muslim.

2. Dijanjikan masuk surga

Dalam sebuah riwayat dijelaskan bahwa Nabi Muhammad saw bersabda, "Barangsiapa yang akhir perkataannya sebelum meninggal dunia adalah ‘laa ilaha illallah’, maka dia akan masuk surga.” (HR. Abu Daud. Dikatakan sahih oleh Syekh Al-Albani dalam Misykatul Mashobih no. 1621).

Baca Juga: Amalan Dzikir Pembuka Rezeki, Datang dari Arah yang Tidak Disangka-sangka

3. Amal kebaikan yang utama

Dalam salah satu hadis diriwayatkan, dari Abu Dzar beliau berkata, "Katakanlah padaku wahai Rasulullah, ajarilah aku amalan yang dapat mendekatkanku pada surga dan menjauhkanku dari neraka”.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini