5 Pahala Puasa Asyura Sesuai Hadis, Dikerjakan Setiap Tanggal 10 Muharram

Hadi Mulyono
Selasa 25 Juli 2023, 16:17 WIB
Ilustrasi puasa Asyura. (Sumber : pexels.com/The masked Guy)

Ilustrasi puasa Asyura. (Sumber : pexels.com/The masked Guy)

LABVIRAL.COM - Puasa Asyura merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan kepada umat muslim karena mempunyai pahala besar.

Dikerjakan setiap tanggal 10 Muharram, puasa ini pada awalnya dikerjakan untuk mengenang perjalanan hidup Nabi Musa as yang diselamatkan Allah dari kejaran Firaun.

Atas izin-Nya, Nabi Musa mendapat mukjizat bisa membelah lautan sehingga umatnya bisa selamat dari musuh yang ingin membunuh. Lantas, apa saja pahala puasa Asyura yang sayang apabila dilewatkan? Tanpa perlu berlama-lama langsung saja simak sampai habis artikel ini ya!

Baca Juga: Niat Puasa Sebelum Idul Adha dan Keutamaannya, Sayang Jika Dilewatkan

1. Menghapus dosa

Berdasarkan hadis yang diriwayatkan dari Abu Qotadah Al Anshori, puasa Asyura bisa menghapus dosa selama setahun yang lampau.

Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, "Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang." Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa Asyura? Beliau menjawab, "Puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu." (HR. Muslim).

2. Mendapat pahala sunnah

Para ulama sepakat bahwa puasa Asyura tanggal 10 Muharam hukumnya sunnah sebagaimana disandarkan pada hadis Rasulullah saw.

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhu, bahwasanya Rasulullah saw berpuasa pada hari Asyura dan memerintahkan berpuasa pada hari itu." (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Survei Populi Center, Kepuasan Publik Atas Kinerja Jokowi Naik Drastis, Kini Mencapai 77,8%

3. Puasa yang paling utama setelah Ramadan

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini