Niat Puasa Sebelum Idul Adha dan Keutamaannya, Sayang Jika Dilewatkan

Hadi Mulyono
Senin 26 Juni 2023, 09:19 WIB
Hukum puasa Idul Adha. (Sumber : unsplash.com/Rauf Alvi)

Hukum puasa Idul Adha. (Sumber : unsplash.com/Rauf Alvi)

LABVIRAL.COM - Topik mengenai puasa Idul Adha tengah masuk dalam jajaran trending di mesin pencarian Google pada hari ini, Senin, 26 Juni 2023.

Tentu saja, puasa yang dimaksud bukan untuk dikerjakan tepat pada hari raya Idul Adha, melainkan pada hari-hari sebelumnya. Sebab sesuai dengan ketentuan syara, puasa ketika hari raya kurban hingga hari Tasyrik hukumnya haram.

Dari Abu Ubaid, majikan Ibnu Azhar yang namanya Sa'ad bin Ubaid, dia berkata, "Aku pernah salat Id bersama Umar bin Khattab ra, lalu dia berkata, "Ini adalah dua hari (Idul Fitri dan Idul Adha), maka Rasulullah saw melarang puasa pada dua hari ini, yaitu hari berbuka bagi kalian dari puasa kalian dan hari yang lain ketika kalian memakan dari hewan kurban kalian." (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Niat Puasa Arafah Terlengkap, Arab, Latin dan Terjemahannya

Nah, maka dari itu melalui artikel ini Labviral.com akan membagikan beberapa bacaan niat puasa sebelum Idul Adha tiba yang dirangkum dari berbagai sumber.

Sebagaimana kita ketahui, puasa Dzulhijjah sudah dimulai sejak hari Selasa, 20 Juni 2023, pasca pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) melaksanakan sidang isbat.

Lantas, bagaimana bacaan niat puasa Idul Adha yang hukumnya sunnah? Simak sampai habis artikel ini yuk!

Baca Juga: Kapan Puasa Arafah 2023? Ini Jadwal Menurut Pemerintah dan Muhammadiyah

Niat puasa sebelum Idul Adha

Puasa Dzulhijjah 2023.Puasa Dzulhijjah 2023.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini