5 Keutamaan Puasa Senin Kamis, Ibadah Sunnah yang Rutin Dikerjakan Nabi saw

Hadi Mulyono
Kamis 27 April 2023, 10:53 WIB
Ilustrasi puasa Senin Kamis. (Sumber : pexels.com/khats cassim)

Ilustrasi puasa Senin Kamis. (Sumber : pexels.com/khats cassim)

LABVIRAL.COM - Salah satu ibadah yang rutin dikerjakan Nabi Muhammad saw adalah puasa Senin Kamis yang kemudian disunnahkan bagi umatnya.

Dari Aisyah radhiallahuanha beliau berkata, "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis." (HR. An Nasai dan Ibnu Majah).

Sudah bukan rahasia lagi kalau puasa sunnah tersebut mempunyai banyak keutamaan sehingga sayang jika tidak pernah dikerjakan.

Baca Juga: Bagai Puasa Setahun Penuh, Ini 5 Pahala Puasa Syawal yang Harus Kamu Tahu

Penasaran kan, apa saja keutamaan puasa Senin Kamis yang sebaiknya rutin dikerjakan setiap pekan? Simak sampai habis artikel ini yuk!

1. Dosa akan diampuni

Dari Abu Hurairah ra ia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, "Amal-amal perbuatan itu diajukan pada hari Senin dan Kamis, oleh karena itu aku ingin amal perbuatanku diajukan pada saat aku sedang puasa." (HR. Tirmidzi).

Hadis di atas menurut para ulama mengandung makna bahwa apabila catatan amal diserahkan kepada Allah saat kita sedang berpuasa, diharapkan dosa-dosa akan mendapat ampunan-Nya.

Baca Juga: Puasa Syawal Dikerjakan Berurutan atau Tidak? Berikut Penjelasannya

2. Mempercepat terkabulnya doa

Dari Abdullah bin Amru bin Al ‘Ash dia berkata, Rasulullah saw bersabda, "Sungguh orang yang berpuasa mempunyai doa yang dikabulkan dan tidak akan ditolak tatkala berbuka puasa." (HR. Ibnu Majah).

3. Mendapat keistimewaan dalam pandangan Allah

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini