Pahala Membaca Al-Qur'an Meski Terbata-bata, Jangan Bosan untuk Belajar

Hadi Mulyono
Kamis 27 Juli 2023, 20:32 WIB
Ilustrasi membaca Al-Qur'an. (Sumber : pexels.com/Alena Darmel)

Ilustrasi membaca Al-Qur'an. (Sumber : pexels.com/Alena Darmel)

LABVIRAL.COM - Membaca Al-Qur'an walau hanya satu ayat, bahkan meski cuma satu huruf dipastikan akan diganjar dengan pahala yang besar.

Tidak main-main, seseorang yang dalam hidupnya gemar membaca ayat-ayat Allah maka di akhirat kelak akan mendapatkan syafaat.

Maka dari itu, sebagai muslim wajib hukumnya belajar membaca Al-Qur'an mulai dari mengenali hurufnya, bagaimana cara memfasihkannya, mengetahui tajwidnya dan seterusnya.

Baca Juga: Manfaat Membaca Surah Yasin untuk Orang Meninggal dan yang Mengamalkannya

Karena kita orang Indonesia yang belum terbiasa dengan huruf hijaiyah, tidak heran apabila mengalami kesulitan saat belajar membaca Al-Qur'an. Meski demikian, kita tidak boleh berhenti karena terbata-bata membaca Al-Qur'an tetap akan diberi pahala.

Dari Aisyah radhiyallahuanha ia meriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda, "Seorang yang lancar membaca Al-Qur'an akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al-Qur'an dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala.” (HR. Muslim).

Dua pahala yang dimaksud dalam hadis di atas terdiri dari pahala membaca dan ganjaran karena telah berusaha untuk memuliakan Al-Qur'an.

Baca Juga: 6 Kedahsyatan Surah Al Fatihah, Mendatangkan Berkah Suatu Kegiatan

Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahuanhu ia berkata, "Rasulullah saw bersabda, 'Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur'an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan Alif Lam Mim satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469).

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini