Manfaat Membaca Surah Yasin untuk Orang Meninggal dan yang Mengamalkannya

Hadi Mulyono
Kamis 27 Juli 2023, 15:58 WIB
Ilustrasi Surah Yasin. (Sumber : pixabay.com/ Joko Narimo)

Ilustrasi Surah Yasin. (Sumber : pixabay.com/ Joko Narimo)

LABVIRAL.COM - Manfaat membaca Surah Yasin untuk orang yang sudah meninggal dunia masih sering diperdebatkan oleh berbagai kalangan.

Sebagian ada yang menganggapnya bidah, tidak sesuai tuntunan Nabi saw dan seterusnya. Namun sebagian lagi justru menilainya sebagai amalan yang mempunyai pahala besar.

Surah Yasin adalah salah satu surah di dalam Al-Qur'an yang terdiri dari 83 ayat dan biasa dibaca masyarakat Indonesia saat malam Jumat hingga ketika ada orang wafat. Benarkah yang demikian bermanfaat? Simak penjelasannya di bawah ini ya!

Baca Juga: Tafsir Surah Al Jumuah Ayat 9, Perintah Meninggalkan Pekerjaan untuk Salat Jumat

Menjadi doa

Walaupun menuai pro dan kontra, tetapi tradisi membacakan Surah Yasin ketika ada orang yang meninggal dunia masih terus berjalan. Kebiasaan semacam ini bukannya tanpa dasar karena memang ada sebuah hadis yang mengungkapkan keutamaan surah tersebut.

Dikutip dari NU Online pada Kamis, 27 Juli 2023, “Barangsiapa membaca Surat Yasin dan Al-Shaffat pada malam Jumat, maka Allah akan mengabulkan permintaannya.” (HR. Abu Daud dari al-Habr).

Adapun bacaan tersebut yang ditujukan untuk orang yang telah meninggal dunia, bisa dianggap sebagai doa yang baik untuk mereka.

Baca Juga: Bacaan Alquran Surah At Taubah Ayat 36, Penjelasan Muharam sebagai Bulan Mulia

Bahkan, bacaan Yasin dipercaya mampu meringankan siksa kubur serta memohonkan ampunan atas dosa-dosa almarhum atau almarhumah. Terlebih lagi jika dibaca oleh anak cucu yang bersangkutan, maka dipastikan pahalanya akan mengalir kepada orang tuanya yang telah meninggal dunia.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini