Kronologi Perang Gerilya Jenderal Soedirman hingga Berakhir Sukses Tumpaskan Belanda

Zahwa Elia Azzahra
Kamis 03 Agustus 2023, 20:03 WIB
Jenderal Soedirman (Sumber : Istimewa)

Jenderal Soedirman (Sumber : Istimewa)

LABVIRAL.COM - Jenderal Soedirman adalah seorang tokoh militer Indonesia yang sangat terkenal karena perannya dalam perang gerilya selama Perang Kemerdekaan Indonesia melawan penjajahan Belanda.

Perang gerilya adalah bentuk perang di mana kelompok yang lebih kecil dan lebih lemah secara konvensional menggunakan taktik serangan mendadak dan gerakan cepat untuk melawan kekuatan yang lebih besar dan lebih kuat.

Jenderal Soedirman, yang bernama lengkap Soedirman Soemitro, lahir pada 24 Januari 1916 di Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia.

Baca Juga: Dampak Positif dan Negatif Perdagangan Internasional, Selain Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi, Ternyata Bisa Menyebabkan Hal Buruk Seperti ini

Jenderal Soedirman adalah komandan paling penting dalam upaya melawan agresi militer Belanda yang ingin menguasai kembali Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Setelah proklamasi kemerdekaan, Soedirman bergabung dengan Tentara Keamanan Rakyat (TKR), yang kemudian menjadi Angkatan Perang Republik Indonesia.

Peran Jenderal Soedirman

Jenderal Soedirman memainkan peran penting dalam mengatur perlawanan gerilya melawan pasukan Belanda yang lebih besar dan lebih terlatih.

Baca Juga: Apa Itu Business Plan? Simak Juga Manfaat dan Cara Membuatnya, Lengkap dengan Contoh

Perang gerilya yang dipimpin oleh Soedirman menekankan mobilitas, taktik tarik-menarik, dan penggunaan wilayah yang luas untuk menghindari konfrontasi langsung dengan pasukan musuh yang lebih kuat.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini