KRI Bima Suci Banggakan Indonesia, Bawa Reog dan Raih Penghargaan Kapal Latih Terbaik di Skotlandia

Bonifasius Sedu Beribe
Jumat 04 Agustus 2023, 13:43 WIB
KRI Bima Suci Banggakan Indonesia, Bawa Reog dan Raih Penghargaan Kapal Latih Terbaik di Skotlandia (FOTO: Dok. Dinas Penerangan Angkatan Laut)

KRI Bima Suci Banggakan Indonesia, Bawa Reog dan Raih Penghargaan Kapal Latih Terbaik di Skotlandia (FOTO: Dok. Dinas Penerangan Angkatan Laut)

LABVIRAL.COM - KRI Bima Suci merupakan kapal layar latih bagi taruna/kadet, yang juga sebagai kapal pengganti kapal legendaris KRI Dewaruci yang sudah pensiun setelah beroperasi sejak 1953.

KRI Bima Suci masuk ke dalam jajaran TNI Angkatan Laut sebagai Kapal Layar Latih Akademi Angkatan Laut (AAL).

KRI Bima Suci saat ini tengah melakukan misi diplomasi ke sejumlah negara di Asia, Afrika dan Eropa. Pelayaran tersebut dilakukan selama 214 hari membawa Taruna Angkatan Laut Angkatan ke-70.

Baca Juga: TNI AL Tembak 4 Rudal, Hancurkan Eks KRI Slamet Riyadi dalam Operasi Laut Gabungan TNI

KRI Bima Suci membawa Satgas misi diplomasi ekspedisi pelayaran muhibah duta bangsa Kartika Jala Krida (KJK) Tahun 2023 yang waktu keberangkatannya dilepaspergikan dari Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau, Senin, (10/4/2023) lalu.

Saat berita ini dibuat, KRI Bima Suci dilaporkan baru saja bertolak dari Lerwick, Skotlandia, dan sehari lalu KRI Bima Suci berlabuh ke Arendal, Norwegia pada 3 Agustus 2023. Sementara pada 10 Agustus 2023 nanti, KRI Bima Suci akan singgah di Ristock, Jerman.

Di sejumlah negara di Eropa, para taruna AAL dan personel KRI Bima Suci sempat mengikuti festival yang digelar warga setempat. Di Skotlandia misalnya, para taruna AAL dan personel KRI Bima Suci mengikuti festival budaya dengan menampilkan kesenian asli Indonesia diantaranya Reog Ponorogo, Tari Barong dan beberapa tarian asli Indonesia lainnya.

Selain itu, para taruna AAL juga unjuk skill dan kekompakan dalam Genderang Seruling Gita Jala Taruna.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini