5 Kelebihan Surah Al Mulk, Dilindungi Malaikat hingga Menaikkan Derajat

Hadi Mulyono
Sabtu 12 Agustus 2023, 10:27 WIB
Surah Al Mulk. (Sumber : pexels.com/Michael Burrows)

Surah Al Mulk. (Sumber : pexels.com/Michael Burrows)

LABVIRAL.COM - Berikut ini akan dijelaskan apa saja kelebihan Surah Al Mulk jika sering dibaca terutama setelah sholat lima waktu.

Surah ke-67 dalam mushaf Al-Qur'an tersebut terdiri dari 30 ayat dan tergolong surah Makiyyah karena diturunkan di Kota Makkah.

Judul surah ini dikutip dari ayat pertama dalam surah ini yakni Al Mulk yang mempunyai arti kekuasaan atau kerajaan. Nah, di bawah merupakan beberapa keutamaan Surah Al Mulk yang perlu diketahui setiap muslim.

Baca Juga: Fenomena Supermoon, Ini Doa ketika Melihat Bulan Purnama Sesuai Sunnah

1. Dilindungi malaikat

Dari Aisyah ra ia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, "Orang yang membaca Al-Qur’an dan ia mahir membacanya, maka ia bersama para malaikat yang mulia (bersih dari maksiat) dan taat dalam kebaikan. Sedangkan orang yang membaca Al-Qur’an dengan terbata-bata dan merasa kesulitan ketika membacanya, maka baginya dua pahala.” (Muttafaqun ‘alaih).

2. Menghapus dosa

Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah saw bersabda, "Terdapat Surah dari Al-Qur'an yang terdiri dari 30 ayat, surah tersebut dapat memberikan syafaat bagi 'temannya' (yakni orang yang banyak membacanya) sehingga orang tersebut diampuni dosanya, yaitu surah Tabarakallazi bi yadihil mulk." (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).

Baca Juga: Kumpulan Nama Bayi Lak-laki Sulawesi yang Bermakna Baik dan Mendalam, Sekaligus Jadi Doa Baik untuk si Kecil

3. Terhindar dari siksa kubur

Dari Abdullah bin Mas'ud dikatakan, "Barang siapa membaca surah Tabarokalladi bi yadihil mulk setiap malam, maka Allah Swt akan menghindarkannya dari siksa kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rasulullah saw (masih hidup) menamainya " al-Mani'ah" (penghindar/penghalang). Sungguh surah tersebut ada dalam Kitabullah, barang siapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan." (HR. An Nasai).

4. Memperoleh syafaat

Dari Abu Hurairah, Rasulullah saw bersabda, "Bahwasanya satu surah dari kitab Allah yang isinya 30 ayat, dapat memberikan syafaat pada seseorang pada hari kiamat, mengeluarkannya dari neraka dan memasukkannya ke surga yaitu Surah 'Tabarak'. (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini