5 PO Bus Terbesar di Indonesia, Ada yang Punya 5.000 Armada

Haris Ma'ani
Senin 14 Agustus 2023, 10:53 WIB
PO Hiba Utama dulu vs sekarang. (Sumber : Instagram/hibagroup_id)

PO Hiba Utama dulu vs sekarang. (Sumber : Instagram/hibagroup_id)

LABVIRAL.COM-Sejarah, loyalitas pelanggan, serta kemampuan adaptasi membuat sejumlah perusahaan otobus (PO) menjadi PO bus terbesar di Indonesia.

Untuk mencapai level sebagai PO bus terbesar di Indonesia tentu dilalui dengan jalan tak mudah. Apalagi sampai memiliki 2.500 unit bus.

Persaingan di sektor usaha transportasi yang kian ketat membuat PO bus memutar otak bisnisnya tetap eksis sampai hari ini.

Ketatnya usaha di sektor ini terlihat dari data Electronic Registration Identification (ERI) Korlantas Polri, di mana ada 212.818 unit bus yang terdaftar dan beroperasi di Indonesia.

Sedang data operasional Kementerian Perhubungan pada 2021, terdapat 5.349 PO bus yang beroperasi di Indonesia. Angka tersebut meningkat setiap tahunnya jika dibandingkan dengan 2017 yang hanya 2.486 PO bus.

Jumlah perusahaan bus yang beroperasi di Indonesia tersebut adalah gabungan dari enam layanan, yaitu AKAP, AKDP, Bus Pariwisata, Angkutan Sewa, Angkutan Alat Berat, dan Angkutan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

Baca Juga: Berikut Daftar PO Bus yang Tembus Odometer 1 Juta Kilometer tanpa Servis Berat

PO bus terbesar di Indonesia

Lalu, PO mana saja yang masuk dalam daftar terbesar di Indonesia, berikut daftarnya:

1. PO DAMRI

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini