Surah Al An'am Ayat 152 Bercerita tentang Apa? Simak Penjelasannya di Sini

Hadi Mulyono
Rabu 16 Agustus 2023, 08:43 WIB
Surah Al An'am ayat 152. (Sumber : pixabay.com/shzern)

Surah Al An'am ayat 152. (Sumber : pixabay.com/shzern)

LABVIRAL.COM - Kali ini kita akan membahas isi kandungan Surah Al An'am ayat 152 yang mempunyai makna mendalam untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Surah tersebut, secara utuh terdiri dari 165 ayat dan termasuk dalam golongan surah Makkiyah karena diturunkan di kota Makkah. Mempunyai arti "binatang ternak", Surah Al An'am berada di urutan ke-6 dalam mushaf Al-Qur'an.

Tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja simak penjelasan Surah Al An'am ayat 152 di bawah ini yuk!

Baca Juga: Kandungan Surah Yunus Ayat 40-41 Berisi Ajaran tentang Apa? Simak Penjelasannya

Lafal Surah Al An'am Ayat 152

Inilah bacaan ayat 152 dari Surah Al An'am yang perlu diketahui oleh setiap umat muslim.

وَلَا تَقْرَبُوا۟ مَالَ ٱلْيَتِيمِ إِلَّا بِٱلَّتِى هِىَ أَحْسَنُ حَتَّىٰ يَبْلُغَ أَشُدَّهُۥ ۖ وَأَوْفُوا۟ ٱلْكَيْلَ وَٱلْمِيزَانَ بِٱلْقِسْطِ ۖ لَا نُكَلِّفُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۖ وَإِذَا قُلْتُمْ فَٱعْدِلُوا۟ وَلَوْ كَانَ ذَا قُرْبَىٰ ۖ وَبِعَهْدِ ٱللَّهِ أَوْفُوا۟ ۚ ذَٰلِكُمْ وَصَّىٰكُم بِهِۦ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Wa lā taqrabụ mālal-yatīmi illā billatī hiya aḥsanu ḥattā yabluga asyuddah, wa auful-kaila wal-mīzāna bil-qisṭ, lā nukallifu nafsan illā wus'ahā, wa iżā qultum fa'dilụ walau kāna żā qurbā, wa bi'ahdillāhi aufụ, żālikum waṣṣākum bihī la'allakum tażakkarụn.

Artinya: "Dan janganlah kamu dekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih bermanfaat, hingga sampai ia dewasa. Dan sempurnakanlah takaran dan timbangan dengan adil. Kami tidak memikulkan beban kepada sesorang melainkan sekadar kesanggupannya. Dan apabila kamu berkata, maka hendaklah kamu berlaku adil, kendatipun ia adalah kerabat(mu), dan penuhilah janji Allah. Yang demikian itu diperintahkan Allah kepadamu agar kamu ingat." (QS. Al An'am ayat 152).

Baca Juga: 5 Kelebihan Surah Al Mulk, Dilindungi Malaikat hingga Menaikkan Derajat

Isi kandungan Surah Al An'am Ayat 152

Dari terjemahan di atas, sudah jelas bahwa ayat ini membahas tentang bagaimana cara memperlakukan anak yatim yang benar menurut ajaran Islam.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini