3 Doa untuk Ibu Bapak Beserta Artinya Menurut Islam

Hadi Mulyono
Kamis 24 Agustus 2023, 20:11 WIB
Ilustrasi doa untuk ibu bapak. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

Ilustrasi doa untuk ibu bapak. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

LABVIRAL.COM - Berikut ini akan dijelaskan bagaimana bacaan doa untuk ibu bapak yang bisa diamalkan oleh setiap orang menurut agama Islam. Allah Swt berfirman:

وَٱعْبُدُوا۟ ٱللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا۟ بِهِۦ شَيْـًٔا ۖ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا وَبِذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْيَتَٰمَىٰ وَٱلْمَسَٰكِينِ وَٱلْجَارِ ذِى ٱلْقُرْبَىٰ وَٱلْجَارِ ٱلْجُنُبِ وَٱلصَّاحِبِ بِٱلْجَنۢبِ وَٱبْنِ ٱلسَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَٰنُكُمْ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ مَن كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا

Wa'budullāha wa lā tusyrikụ bihī syai`aw wa bil-wālidaini iḥsānaw wa biżil-qurbā wal-yatāmā wal-masākīni wal-jāri żil-qurbā wal-jāril-junubi waṣ-ṣāḥibi bil-jambi wabnis-sabīli wa mā malakat aimānukum, innallāha lā yuḥibbu mang kāna mukhtālan fakhụrā.

Baca Juga: 2 Doa saat Kejatuhan Cicak, Benarkah Pertanda Datangnya Kesialan?

Artinya: "Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu bapak, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri," (QS. An Nisa ayat 36).

Lalu seperti apa lafal doa untuk ibu bapak menurut Islam? Simak sampai habis artikel ini ya!

Doa untuk orang tua

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Rabbighfir li, wa li walidayya, warham huma kama rabbayani shaghira.

Baca Juga: 3 Doa Memperingati HUT RI ke 78 Menurut Agama Islam

Artinya: "Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil."

Doa untuk ibu bapak

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini