Hukum Berbicara saat Khotbah Jumat Berlangsung, Pria Muslim Wajib Tahu!

Hadi Mulyono
Jumat 25 Agustus 2023, 08:35 WIB
Ilustrasi salat Jumat. (Sumber : pexels.com/Pir Sümeyra)

Ilustrasi salat Jumat. (Sumber : pexels.com/Pir Sümeyra)

LABVIRAL.COM - Berikut ini akan dijelaskan bagaimana hukum berbicara saat khotbah Jumat yang mungkin masih sering dilakukan banyak orang.

Sebagaimana diketahui, ibadah hari Jumat bukan hanya tentang salat belaka tetapi juga ada khotbah yang disampaikan khatib, dan harus disimak baik-baik.

Akan tetapi, di tengah masyarakat masih sering kita jumpai ada jemaah yang berbicara ketika khotbah dibacakan. Bagaimana hukumnya? Simak sampai habis artikel ini ya!

Baca Juga: Makkah Diterjang Badai, Begini Doa Hujan dan Angin Kencang Sesuai Sunnah

Hadis tentang khotbah

Keharusan seorang muslim menyimak khotbah yang disampaikan khatib, tercantum dalam sejumlah riwayat.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu ia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang berwudhu, lalu memperbagus wudhunya kemudian ia mendatangi (salat) Jumat, kemudian (di saat khotbah) ia betul-betul mendengarkan dan diam, maka dosanya antara Jumat saat ini dan Jumat sebelumnya ditambah tiga hari akan diampuni. Dan barangsiapa yang bermain-main dengan tongkat, maka ia benar-benar melakukan hal yang batil (lagi tercela).” (HR. Muslim no. 857).

Kemudian dalam riwayat lain dari Ibnu Abbas ra, Nabi Muhammad saw bersabda, “Barangsiapa yang berbicara pada saat imam khotbah Jumat, maka ia seperti keledai yang memikul lembaran-lembaran (ibadahnya sia-sia). Siapa yang diperintahkan untuk diam (lalu tidak diam), maka tidak ada Jumat baginya (ibadahnya tidak sempurna).” (HR. Ahmad).

Baca Juga: Doa di Antara Dua Sujud Sesuai Sunnah, Mempunyai Makna Mendalam

Bukan hanya itu saja, terdapat hadis lain yang menegaskan bahwa seorang muslim harus menghindari berbicara saat khotbah Jumat berlangsung.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini