Kisah Bus Sargede Yogyakarta, Namanya Diambil dari Pasar Kota Gede

Haris Ma'ani
Senin 04 September 2023, 10:03 WIB
Bus Sargede, salah satu PO Bus bersejarah di Yogyakarta  (Sumber : Fanspage/Kotagede)

Bus Sargede, salah satu PO Bus bersejarah di Yogyakarta (Sumber : Fanspage/Kotagede)

LABVIRAL.COM-Kota Yogyakarta juga menyimpan kisah dunia transportasi dengan kemunculan Bus Sargede Yogyakarta. Bus ini memiliki kepanjangan Pasar Kota Gede.

Mendengar namanya sudah pasti kalau bus ini memiliki keterkaitan dengan salah satu kawasan wisata di Yogyakarta, Kota Gede.

Ya, bukan tanpa kebetulan kalau bus tersebut dinamakan Bus Sargede. Bus yang mulai beroperasi pada 1955 tersebut diberi nama Sargede lantaran pendirinya, almarhum Padmo Sarjono tinggal di depan Pasar Kota Gede.

Saat mulai beroperasi, armada yang dimiliki barulah 2 bus dengan mesin Fargo yang melayani trayek reguler Yogyakarta-Wonosari dan Yogyakarta-Semarang.

Meski saat itu baru segelintir bus, PO Sargede bisa disebut sebagai PO Sultan karena memiliki lahan garasi seluas 5 hektare di Semarang. 

Trayek Yogya-Wonosari sempat dihentikan layanannya dan kemudian dibuka lagi pada 1985 pada saat kepemilikan dipegang anak dari Padmo Sarjono, yakni Parmadi.

Parmadi dulu dikenal sebagai seniman Yogyakarta dan sering tampil di TVRI lokal.

Hanya dua tahun berjalan, trayek Yogya-Wonosari kembali berhenti pada 1987. PO Sargede memilih fokus ke angkutan wisata.

Baca Juga: Profil dan Perjalanan Karier Aprilia D Lestari, Sebelum Urus PO Bus Pernah jadi Model

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Hino RM 280, Idola Baru PO Bus Indonesia

Rabu 30 Agustus 2023, 09:24 WIB
Hino RM 280, Idola Baru PO Bus Indonesia
Berita Terkini