Keren! Kasal Muhammad Ali Resmikan KRI Tuna-876, Kapal Perang Buatan Asli Anak Bangsa

Bonifasius Sedu Beribe
Senin 11 September 2023, 18:53 WIB
Keren! Kasal Muhammad Ali Resmikan KRI Tuna-876, Kapal Perang Buatan Asli Anak Bangsa (FOTO: Dinas Penerangan TNI AL)

Keren! Kasal Muhammad Ali Resmikan KRI Tuna-876, Kapal Perang Buatan Asli Anak Bangsa (FOTO: Dinas Penerangan TNI AL)

LABVIRAL.COM - Sebagai wujud dari program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, TNI AL memfokuskan dalam pencapaian kekuatan yang siap dioperasionalkan dengan menambah alutsista berupa kapal perang. Kasal memimpin acara Delivery Ceremony, Peresmian, dan Pengukuhan Komandan KRI Tuna-876 bertempat di Galangan PT Karimun Anugrah Sejati (KAS), Kamis, (7/9) lalu.

Pada kesempatan ini, Laksamana TNI Muhammad Ali meresmikan secara langsung Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) jenis kapal patrol cepat (PC) 60 M yang merupakan salah satu kapal perang hasil karya putra-putri bangsa yang dibangun di galangan PT Karimun Anugrah Sejati (KAS) dengan masa pembangunan selama dua puluh dua bulan.

Baca Juga: Kakek Viral yang Mengendarai Hyundai Avega Abu-abu Ternyata Purnawirawan TNI AL

Pemilihan PT KAS sebagai produsen pembangunan kapal PC 60 M sejalan dengan program pemerintah dalam pemberdayaan dan peningkatan kemampuan industri pertahanan nasional menuju kemandirian pemenuhan alutsista.

Kasal dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembangunan ini menjadi indikator keberhasilan dari program pemerintah menuju kemandirian industri pertahanan, khususnya dalam upaya peningkatan kemampuan industri galangan pembuat kapal perang.

Baca Juga: Tim TNI AL Belawan Tangkap Pelaku Tapping Solar dan Sita Narkoba Jenis Sabu-sabu

“Pemerintah telah mengambil kebijakan dalam hal penguatan industri pertahanan dalam negeri, yang bertujuan untuk membangun industri yang maju, kuat, mandiri dan berdaya saing untuk dapat mendukung pertahanan negara, serta mendukung pembangunan pertumbuhan ekonomi nasional”, ungkap Kasal dalam keterangan tertulis yang diterima Labviral.com.

Lebih lanjut, Kasal menjelaskan pembangunan KRI Tuna-876 ini merupakan salah satu komitmen TNI Angkatan Laut untuk mendukung program pemerintah dibidang kemandirian industri pertahanan. Sesuai dengan fungsi asasinya, kapal PC 60 ini dapat melaksanakan peperangan anti kapal permukaan, peperangan anti udara terbatas, melaksanakan patroli keamanan laut dan juga tugas operasi tambahan seperti operasi SAR serta operasi lainnya.

Kapal yang memiliki panjang keseluruhan 62,40 Meter, Lebar 8,80 Meter dan Tinggi 19,37 Meter ini memiliki kecepatan maksimal 24 Knot serta kecepatan jelajah sejauh 17 Knots. Kapal ini dipersenjatai dengan 1 unit Meriam Kaliber 40 mm dan 2 unit Meriam Kaliber 12,7 dengan jumlah personel pengawak 50 orang.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini