Kemenag Akan Gelar Sidang Isbat Awal Ramadan 1444 H pada 22 Maret 2023

Hadi Mulyono
Rabu 08 Maret 2023, 17:48 WIB
Sidang Isbat (Sumber : pexels.com/Lucas Pezeta)

Sidang Isbat (Sumber : pexels.com/Lucas Pezeta)

LABVIRAL.COM - Penentuan awal puasa 1444 H rencananya akan diumumkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) pada 22 Maret 2023 mendatang.

Kepastian ini sebagaimana dikatakan oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Ditjen Bimas Islam) Kementerian Agama.

"Seperti biasa, Sidang Isbat Awal Ramadan akan kita laksanakan setiap 29 Syakban. Tahun ini, bertepatan dengan hari Rabu, 22 Maret 2023," kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib, dikutip Labviral.com dari laman resmi Kemenag pada Rabu, 8 Maret 2023.

Baca Juga: Ditanya Kapan Nikah, Sule Langsung Keluarkan Kata-kata Bijak

Adib menambahkan, rangkaian sidang isbat awal puasa 1444 H bakal digelar secara hybrid yakni gabungan antara daring dan luring.

Sidang ini direncanakan akan melibatkan Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama, Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam.

Dibagi Menjadi Tiga Tahap

Menurut Adib, rangkaian sesi sidang isbat akan dibagi dalam tiga tahap seperti yang selalu dilakukan Kemenag.

Baca Juga: Deretan Mantan Dewi Perssik, Mulai dari Artis, Presenter Sampai Akpol

Pertama, akan dilakukan seminar pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1444 H berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi.

Presentasinya dilakukan oleh Tim Hisab Rukyat Kemenag mulai pukul 17.00 WIB dan terbuka untuk umum.

Kedua, setelah seminar akan dilanjutkan pelaksanaan Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1444 H setelah sholat Magrib dan sifatnya tertutup.

Baca Juga: Syarifah Haerunnisa Batal Minta Maaf ke Asib Ali, Ada Apa Nih?

Sidang ini merujuk pada hasil rukyatul hilal yang akan dilaksanakan pada 124 lokasi di seluruh Indonesia.

Ketiga, adalah telekonferensi pers hasil sidang isbat yang akan disiarkan secara langsung oleh TVRI dan media massa lainnya.

Adapun 124 titik pengamatan hilal yang menjadi acuan sidang isbat Ramadan 1444 H/2023 M tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini