Dibalik Merchandise Piala Dunia U-17 2023, Produk Lokal dan Libatkan UMKM

Haris Ma'ani
Selasa 14 November 2023, 10:54 WIB
Ilustrasi merchandise Piala Dunia  (Sumber : Media PSSI)

Ilustrasi merchandise Piala Dunia (Sumber : Media PSSI)

LABVIRAL.COM-Penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia juga ikut membangkitkan ekonomi kecil melalui produksi merchandise.

Siapa nyana jika merchandise resmi Piala Dunia yang dijual di outle resmi selama Piala Dunia U-17 2023 adalah produk lokal.

Mulai dari topi, t-shirt, jaket, sendal, boneka, dan lainnya dibuat oleh perajin dan pengusaha lokal.

Setidaknya ada 53 jenis merchandise yang dibanderol mulai Rp75.000 hingga Rp899 ribu. Merchandise tersebut dibuat oleh apparel lokal bermerek, Juara, dipercaya menjadi penyedia souvenir Piala Dunia U-17 2023.

Seluruh suvenir yang dijual 95 persen berbahan baku yang dibuat di Indonesia. Juara yang diproduksi PT PT Juara Raga Adidaya (Juaraga) itu melibatkan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) sebagai mitra produksi.

"Kami melibatkan UMKM dalam urusan produksi merchandise dan mengontrolnya secara langsung. Kualitas produk jadi hal terpenting buat kami, karena FIFA punya standar tinggi soal itu.

Baca Juga: Timnas Indonesia Rebut Poin Pertama di Piala Dunia U-17, Begini Pujian Presiden Jokowi dan Erick Thohir

Kami ingin masyarakat bisa memiliki cendramata Piala Dunia U-17 yang bisa tahan lama, bisa dipakai buat jangka waktu lama setelah event akbar berakhir. Menchadise merupakan barang kenangan, sifatnya collectible items, kami perhatikan kualitas produk yang dipasarkan,” ungkap CEO Juaraga, Mochtar Sarman.

UMKM yang dilibatkan berasal dari berbagai kota yang hingga kini intens menggeber produksi. Juaraga ingin memastikan kuantitas merchandise mencukupi kebutuhan penikmat sepak bola yang ingin memiliki kenang-kenangan turnamen akbar yang diikuti 24 negara tersebut.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini