Ini Modus Calo Tiket Piala Dunia U-17 2023, Jangan Sampai Kena Tipu

Haris Ma'ani
Senin 27 November 2023, 11:18 WIB
Ilustrasi pembelian tiket online Piala Dunia U-17  (Sumber : fifa.com)

Ilustrasi pembelian tiket online Piala Dunia U-17 (Sumber : fifa.com)

LABVIRAL.COM-Modus calo tiket Piala Dunia U-17 2023. Walau ajang Piala Dunia kelompok umur, calo ternyata mampu memanfaatkan celah menjalankan aksinya.

Aksi ini sebelumnya berhasil diamankan oleh tim Polda Jateng. Pria berinisial MS menjual tiket palsu Piala Dunia U-17 2023.

Begini modusnya

Pelaku menjual tiket melalui laman media sosial Facebook.

Kasub Satgas Penegakan Hukum (Gakkum), Kombes Muhammad Anwar Nasir, menjelaskan bahwa kejadian berawal ketika pelaku memposting penjualan tiket di laman Facebook miliknya pada Senin (26/11/2023) bertepatan saat pertandingan Ekuador vs Brazil dan Spanyol vs Jepang di Stadion Manahan Solo.

"Jadi seakan-akan yang bersangkutan ini adalah panitia. Di akunya itu ada foto keluarga. Akun ini dibuat sekitar tiga bulan sebelum piala dunia dimulai," kata Kombes Anwar.

Dari postinganya tersebut, terang dia, ada tiga korban yang mengirim pesan ke pelaku yang berminat membeli tiket.

Salah satu korbanya adalah warga Solo berinisial AK (38 tahun), karyawan swasta yang kemudian membeli tiket dengan harga Rp120 ribu. Korban mentransfer uang tersebut lewat aplikasi Dana. Setelah itu, tersangka dan korban bertemu di lokasi pertandingan untuk pemberian fisik tiket.

Baca Juga: Dibalik Merchandise Piala Dunia U-17 2023, Produk Lokal dan Libatkan UMKM

Namun demikian, terang Anwar, setelah korban melakukan scan barcode di pintu masuk muncul keterangan bahwa tiket tidak valid. Hal inilah yang membuat korban menyadari bahwa dirinya telah ditipu.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini