Unsoed Ajak Milenial dan Gen Z Melestarikan Budaya dengan Ajang Keris Goes to Campus

Haris Ma'ani
Selasa 23 Januari 2024, 10:31 WIB
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unsoed bakal mengadakan kegiatan Keris Goes to Campus pada Mei 2024. (Sumber : Humas Unsoed)

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unsoed bakal mengadakan kegiatan Keris Goes to Campus pada Mei 2024. (Sumber : Humas Unsoed)

LABVIRAL.COM-Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto mengajak milenial dan Gen Z melestarikan budaya dengan ajang Keris Goes to Campus.

Para milenial, mahasiswa, yang umumnya Gen Z menjadi target kegiatan tersebut. Selain juga kolektor, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Keris Goes to Campus merupakan kegiatan yang diadakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unsoed.

Acara bertemakan “Eksplorasi Keris Tangguh Banyumas” ini merupakan kerja sama Pusat Riset Ekonomi Kreatif dan Pariwisata LPPM Unsoed, Pusat Riset Dayalogawa LPPM UNSOED dengan berbagai komunitas dan stakeholder perkerisan di wilayah Banyumas Raya.

"Keris bukan sekadar benda mistis, tapi memiliki nilai filosofis, sejarah, dan metalurgi yang tinggi,” ujar Ketua Panitia Dr. Rahab dari Pusat Riset Ekonomi Kreatif dan Pariwisata LPPM Unsoed melalui rilisnya, Selasa (23/1/2024).

Baca Juga: Survei Index Politica: Prabowo-Gibran Tertinggi, Anies-Muhaimin Salip Ganjar-Mahfud

Prof. Dr. Ir. Elly Tugiyanti, M.P.,IPU.,ASEAN Eng selaku Ketua LPPM Unsoed mendukung kegiatan tersebut dengan menyediakan fasilitas dan sarana prasarana untuk acara tersebut.

Rangkaian acara meliputi seminar keris, pameran dan bursa keris, bazaar pelaku industri kreatif perkerisan, geguritan/puisi keris, keris art painting, tari tradisi, dan workshop perawatan keris.

Tujuannya adalah untuk mengedukasi generasi muda tentang keris sebagai produk budaya dan peradaban Nusantara, serta melestarikan keris sebagai warisan budaya di wilayah Banyumas Raya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini