Cara Sholat Duha, Lengkap dengan Bacaan Niat, Doa dan Manfaatnya

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 13 Maret 2024, 09:23 WIB
Ilustrasi - cara sholat duha. (Sumber : unsplash.com/Artur Aldyrkhanov)

Ilustrasi - cara sholat duha. (Sumber : unsplash.com/Artur Aldyrkhanov)

LABVIRAL.COM - Artikel ini akan membahas cara sholat duha lengkap dengan bacaan niat hingga manfaatnya.

Sholat Duha adalah salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan dalam agama Islam. Sholat ini dilakukan pada waktu antara terbitnya matahari hingga sebelum masuk waktu Dzuhur.

Ibadah ini termasuk dalam kategori sholat-sunah mu'akkadah (sunnah yang sangat dianjurkan), yang artinya dianjurkan untuk dilakukan secara rutin.

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Sholat Jenazah untuk Mayit Laki-laki Maupun Perempuan

Sholat Duha memiliki beberapa keutamaan dan manfaat, antara lain:

Mendapatkan Pahala: Melaksanakan Sholat Duha akan mendatangkan pahala dari Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, "Setiap persendian manusia wajib bersedekah setiap pagi. Mengucapkan tasbih adalah sedekah, mengucapkan tahmid adalah sedekah, mengucapkan tahlil adalah sedekah, mengucapkan takbir adalah sedekah, dan perbuatan yang baik adalah sedekah. Seorang muslim memandang pada wajah saudaranya adalah sedekah. Semuanya itu dilakukan dua rakaat shalat Duha." (HR. Muslim)

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Sholat Tasbih untuk Meraih Malam Lailatul Qadar

Menghilangkan Kelelahan dan Penat: Sholat Duha juga dapat membantu menghilangkan kelelahan dan penat dari aktivitas sehari-hari. Rasulullah SAW bersabda, "Di antara shalat yang paling utama adalah shalat di waktu Duha." (HR. Muslim)

Mendekatkan Diri kepada Allah: Melaksanakan Sholat Duha merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan meluangkan waktu untuk beribadah di waktu yang dimuliakan, seseorang menunjukkan kesungguhan dan kecintaannya kepada Allah SWT.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini