Arti Mokel dalam Puasa. Lengkap dengan Alasan Orang Memilih Mokel Saat Puasa

Zahwa Elia Azzahra
Kamis 14 Maret 2024, 06:13 WIB
Ilustrasi - arti mokel dalam puasa (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi - arti mokel dalam puasa (Sumber : Freepik.com)

LABVIRAL.COM - Artikel ini akan membahas tentang arti mokel dalam puasa.

Puasa adalah sebuah perbuatan baik yang dilakukan oleh umat Muslim. Ini adalah waktu di mana orang-orang menahan diri dari makanan, minuman, dan hal-hal lain yang membuat tubuh mereka senang selama waktu tertentu.

Puasa ini dilakukan sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT, yang merupakan cara untuk mendekatkan diri kepada-Nya dan menunjukkan rasa syukur kita atas segala nikmat yang telah diberikan.

Baca Juga: Apa Itu Asbuh? Waktu yang Tepat Untuk Merenung, Introspeksi, Memohon Perlindungan Allah SWT

Namun, terkadang ada situasi-situasi di mana seseorang harus berhenti berpuasa sebelum waktunya berakhir. Itu disebut batal puasa atau bahasa gaulnya sekarang adalah "Mokel".

Mokel bisa terjadi karena banyak alasan. Misalnya, jika seseorang sakit atau merasa sangat lemah, mereka mungkin perlu makan atau minum untuk mendapatkan kekuatan kembali. Ini adalah salah satu alasan yang paling umum untuk membatalkan puasa.

Lalu ada juga kondisi lain yang membuat seseorang bisa membatalkan puasanya. Misalnya, jika seorang perempuan mengalami datang bulan, dia tidak diperbolehkan berpuasa pada hari-hari itu. Itu karena tubuhnya sedang dalam keadaan khusus dan membutuhkan istirahat.

Baca Juga: Apa Itu Ngabuburit? Begini Hukumnya dalam Islam

Begitu juga, ada situasi-situasi darurat di mana seseorang harus membatalkan puasanya untuk menjaga kesehatan atau keselamatan diri mereka.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini