Pengertian Fidyah Puasa, Cara Membayar hingga Alasannya

Zahwa Elia Azzahra
Kamis 14 Maret 2024, 06:53 WIB
Ilustrasi - Pengertian Fidyah Puasa, Cara Membayar hingga Alasannya. (Sumber : pexels.com/Dziana Hasanbekava)

Ilustrasi - Pengertian Fidyah Puasa, Cara Membayar hingga Alasannya. (Sumber : pexels.com/Dziana Hasanbekava)

LABVIRAL.COM - Artikel ini akan membahas tentang fidyah puasa yang banyak dipertanyakan masyarakat.

Kamu tahu kan, ketika bulan Ramadan tiba, umat Muslim menjalankan ibadah puasa? Mereka menahan diri dari makan dan minum selama waktu yang lama, mulai dari matahari terbit hingga matahari terbenam. Tapi, kadang-kadang ada orang-orang yang tidak bisa berpuasa seperti yang lainnya. Kenapa ya?

Mereka mungkin sakit atau memiliki masalah kesehatan yang membuat mereka sulit untuk tidak makan dan minum sepanjang hari.

Baca Juga: Apakah Coli Bisa Membatalkan Puasa? Begini Penjelasan Lengkapnya

Bayangkan, bagaimana perasaanmu jika kamu merasa sangat lapar atau haus, tapi kamu tidak bisa makan atau minum karena sakit? Pasti tidak enak banget kan?

Nah, di sinilah fidyah puasa bisa digunakan. Fidyah puasa adalah cara untuk membantu orang-orang yang tidak bisa berpuasa karena sakit atau alasan kesehatan lainnya.

Jadi, ketika seseorang tidak bisa berpuasa, mereka memberi uang atau makanan kepada orang yang membutuhkan. Ini seperti memberikan makanan kepada orang yang lapar supaya mereka juga bisa merasa kenyang seperti kita.

Baca Juga: Bolehkah Ngupil Saat Berpuasa? Begini Penjelasan Lengkapnya

Bayaran ini membantu mereka yang tidak bisa berpuasa karena sakit atau karena mereka tidak mampu menahan lapar dan haus.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini