Penuh dengan Siksaan, Ini Gambaran Neraka Jahanam dan Calon Penghuninya

Hadi Mulyono
Selasa 21 Maret 2023, 21:33 WIB
Ilustrasi neraka. (Sumber : pixabay.com/intographics)

Ilustrasi neraka. (Sumber : pixabay.com/intographics)

LABVIRAL.COM - Setiap muslim wajib hukumnya meyakini diciptakannya neraka sebagai seburuk-buruknya tempat kembalinya di akhirat kelak.

Dalam artikel ini kita akan lebih spesifik membahas tentang neraka Jahanam yang kerap disebutkan Allah Swt di dalam Al-Qur’an.

Bagaimana gambaran ngerinya neraka yang satu ini? Siapa saja orang-orang yang nantinya akan dimasukkan ke dalamnya? Simak penjelasannya di bawah ini yuk!

Baca Juga: 3 Doa agar Terhindar dari Siksa Neraka yang Pedih, Yuk Amalkan Setiap Hari!

Neraka jahanam itu seperti apa?

Ilustrasi Neraka Jahanam.Ilustrasi Neraka Jahanam.

Allah Swt beberapa kali memberi peringatan kepada manusia agar selalu menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya. Jika tidak, bukan tidak mungkin kelak di akhirat orang-orang yang ingkar akan dimasukkan ke neraka jahanam sebagai tempat terburuk untuk kembali.

"Sesungguhnya jahanam itu seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman." (QS. Al-Furqan ayat 66).

Baca Juga: Lafal dan Tafsir Surah At Tahrim Ayat 6, Perintah Menjaga Keluarga dari Api Neraka

Mengenai gambaran tentang betapa dahsyatnya siksa di neraka jahanam, sejumlah bocoran dijelaskan dalam sebuah hadis.

"Dinyalakan api neraka itu seribu tahun berwarna merah, seribu tahun berwarna putih dan seribu tahun berwarna hitam." (HR. Tirmidzi).

Di tempat itulah, orang-orang yang semasa hidup selalu berbuat keburukan akan mendapatkan siksa yang sangat pedih. Allah Swt dalam Surah Al-Hijr ayat 43 dan 44 berfirman yang artinya:

Baca Juga: Seperti Sumpah Serapah, Lirik Lagu 'Semoga Kau di Neraka' Ini Ternyara Memiliki Makna yang Tak Sejahat Judulnya Lho

"Dan sesungguhnya jahanam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (para pengikut setan) semuanya. Ia (jahanam) mempunyai tujuh pintu. Tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari mereka." (Q.S. Al-Hijr ayat 43-44).

Siapa calon penghuni neraka jahanam?

Ilustrasi neraka Hawiyah.Ilustrasi neraka Jahanam.

Penghuni neraka Jahanam adalah mereka orang-orang kafir yang meski sudah mendapatkan petunjuk namun tetap mengingkari. Hal ini ditegaskan dalam Surah Al-Isra ayat 8 yang artinya:

Baca Juga: Doa Nabi Isa yang Bisa Bikin Rezeki Datang dengan Cara Tak Terduga

"Dan Kami jadikan neraka Jahanam penjara bagi orang-orang yang kafir," (Q.S. Al-Isra’ ayat 8).

Dalam ayat lain, Allah Swt menyebut bahwa neraka jahanam bukan hanya diperuntukkan untuk manusia saja. Akan tetapi, golongan jin yang tidak mau beriman juga akan dijebloskan ke tempat buruk tersebut.

"Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka jahanam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata, (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai," (QS Al-A'raf ayat 179).

Baca Juga: Amalkan Setiap Pagi Yuk! 2 Doa Ini Bisa Bikin Rezeki Enggak Habis-habis

Demikian penjelasan tentang ngerinya neraka Jahanam yang disiapkan Allah sebagai balasan bagi mereka yang tidak mau bertaubat kepada-Nya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini