Kedahsyatan Sayyidul Istighfar ketika Dibaca di Bulan Ramadan

Hadi Mulyono
Rabu 22 Maret 2023, 17:59 WIB
Ilustrasi membaca Sayyidul Istighfar. (Sumber : pexels.com/RODNAE Productions)

Ilustrasi membaca Sayyidul Istighfar. (Sumber : pexels.com/RODNAE Productions)

LABVIRAL.COM - Ketika memasuki bulan suci Ramadan, membaca Sayyidul Istighfar sebanyak-banyaknya sangat dianjurkan bagi setiap muslim.

Sebab bacaan tersebut jika dibaca pada bulan yang dimuliakan ini, maka akan terbuka luas kesempatan untuk mendapatkan ampunan dari Allah Swt.

Nah, di bawah ini Labviral.com akan membagikan lafal Sayyidul Istighfar lengkap, Arab, latin dan terjemahan hingga keutamaannya. So, simak sampai habis ya.

Baca Juga: Amalkan Yuk! Ini 3 Keutamaan Membaca Surah Al Fath saat Awal Puasa Ramadan

Bacaan Sayyidul Istighfar

Doa agar terhindar dari siksa neraka.Ilustrasi Sayyidul Istighfar.

Bacaan berikut dikutip dari sebuah hadis yang diriwayatkan dari Syaddad bin Aus ra dari Nabi Muhammad saw.

للَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Allaahumma anta rabbii, laa ilaaha illaa anta khalaqtanii. Wa anaa ‘abduka, wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa‘dika mastatha‘tu. A‘uudzu bika min syarri maa shana‘tu. Abuu’u laka bini‘matika ‘alayya. Wa abuu’u bidzanbii. Faghfirlii. Fa innahuu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta.

Baca Juga: Niat Puasa Ramadhan Lengkap, Arab, Latin dan Terjemahan, Jangan Sampai Lupa

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau yang telah menciptakanku. Akulah hamba-Mu dan aku atas tanggungan dan janji-Mu selama aku masih mampu. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang telah aku perbuat. Aku mengakui nikmat yang Engkau berikan kepadaku. Aku mengakui dosaku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau."

Keutamaan Sayyidul Istighfar

Ilustrasi membaca Sayyidul Istighfar.Ilustrasi membaca Sayyidul Istighfar.

Begitu banyak kedahsyatan kalimat di atas sehingga sangat dianjurkan untuk dibaca ketika dzikir pada bulan Ramadan.

Baca Juga: 5 Keutamaan Siwak yang Perlu Kamu Tahu, Anti Bau Mulut saat Puasa Ramadan

Allah Swt berfirman dalam Surah Hud ayat 90 bahwa dosa-dosa hambanya yang bertaubat akan diampuni.

"Dan mohonlah ampun kepada Tuhanmu kemudian bertaubatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Penyayang lagi Maha Pengasih." (QS. Hud ayat 90)

Dalam sebuah hadis tentang fadhilah membaca Sayyidul Istighfar juga dijelaskan kapan waktu paling utama untuk membacanya.

Baca Juga: Lirik Lagu Tompi - Ramadhan Datang yang Membuat Kita Bernostalgia

Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa mengucapkannya di waktu siang dengan penuh keyakinan lalu meninggal pada hari itu sebelum waktu sore, maka ia termasuk penghuni surga. Barangsiapa membacanya di waktu malam dengan penuh keyakinan lalu meninggal sebelum masuk waktu pagi, maka ia termasuk penghuni surga." (HR. Bukhari dan An-Nasai).

Bukan hanya itu saja, membaca kalimat istighfar di atas juga akan membuat seorang muslim mendapatkan ampunan dari Allah azza wa jalla.

"Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Az-Zumar ayat 53).

Baca Juga: Kemenag Akan Gelar Sidang Isbat Awal Ramadan 1444 H pada 22 Maret 2023

Seperti itulah keutamaan Sayyidul Istighfar lengkap dengan keutamaannya yang perlu diamalkan sebanyak-banyaknya di bulan Ramadan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini