Dari Mana Asal-usul Kopi? Ketahui Penemunya dan Sejarah Masuk ke Indonesia

Sunardi
Jumat 24 Maret 2023, 13:34 WIB
Ilustrasi memetik biji kopi (Sumber : freepick.com)

Ilustrasi memetik biji kopi (Sumber : freepick.com)

LABVIRAL.COM - Kopi menjadi salah satu minuman yang populer. Hampir di semua cafe, kopi menjadi minuman dengan jumlah pesanan yang tinggii. Namun, apakah kamu sudah tahu dari mana asal-usul kopi?

Jika dilihat dari segi histrois, beberapa literatur menyebut bahwa kopi pertama kali ditemukan di dataran Afrika. Kopi ditemukan di Ethiopia dan Eritrea. Kedua negara tersebut dahulunya adalah daerah Abyssinia yang menjadi daerah asal tanaman kopi.

Orang yang tercatat menemukan kopi ini bernama Kaldi. Ia adalah pengembala kambing asal Ethiopia. Menurut National Coffe Association, bahwa Kaldi awalnya melihat kambingnya memakan biji kopi. Ia juga memerhatikan jika kambingnya terlihat begitu energik dan tidak mau tidur pada malam hari.

Akan tetapi, tidak diketahui secara pasti bagaimana orang-orang Abyssinia memanfaatkan kopi ini. Namun, para pedagang Arab membawa kopi dari Abyssinia ke Yaman. para pedagang Arab ini kemudian mempopulerkan minuman kopi.

Beberapa literatur menyebut jika perdagangan biji kopi dikendalikan dan dimonopoli oleh pedagang Arab. Orang-orang Arab tak hanya menjual komoditas biji kopi ini ke Yaman, melainkan juga sampai ke Eropa.

Biji kopi yang diperdagangkan oleh orang-orang Arab ke Benua Biru melalui pelabuhan Mocha di Yaman. Pada saat itu, pelabuhan Mocha adalah pintu satu-satunya kopi bisa masuk ke Eropa. Dari nama pelabuhan inilah yang kemudian akrab menjadi salah satu istilah dalam dunia kopi.

Baca Juga: 5 Ramuan Herbal Bisa Sembuhkan Sakit Gigi Hitungan Menit, Mudah Banget Bikinnya

Kopi masuk Eropa

Ilustrasi biji kopi

Kopi masuk ke Eropa dimulai pada abad ke-17. Pada abad tersebut orang-orang Eropa sudah mulai mengembangkan perkebunan kopi. Namun, karena iklim di Eropa tidak cocok untuk tanaman ini, akhirnya mereka memanfaatkan daerah jajahan untuk ditanami kopi.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini