Pasang Box Motor, Untung Ruginya Pikirin Dulu

Aci
Sabtu 25 Maret 2023, 16:56 WIB
Iustrasi motor yang dipasang box belakang (Sumber : INSTAGRAM/shad_indonesia)

Iustrasi motor yang dipasang box belakang (Sumber : INSTAGRAM/shad_indonesia)

LABVIRA.COM - Box motor merupakan salah satu aksesoris motor yang secara garis besar berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang seperti jok motor / bagasi. Selain sebagai tempat penyimpanan barang, box motor juga dapat menambah kesan motor lebih gagah.

Tapi tahukah kamu? Kamu tak selalu mendapatkan keuntungan saat menambahkan box motor pada motor. Menambahkan box pada motor juga dapat memberikan beberapa kerugian yang akan berimbas pada motor maupun pengguna motor itu sendiri.

Apa saja keuntungan dan kerugiannya?

Berikut Labviral.com, uraikan keuntungan dan kerugian menambahkan box pada motor. Yuk, disimak!

Baca Juga: Berikut Rekomendasi Motor Adventure Tahun 2023, Harganya Mulai dari Rp 30 Jutaan

Keuntungan penambahan box pada motor

Terdapat beberapa keuntungan dalam pemasangan box pada motor, diantaranya:

Seperti fungsi utamanya yaitu sebagai tempat penyimpanan barang, box motor akan sangat berguna untuk menyimpan barang seperti 1 helm full face, jas hujan, sarung tangan juga sepatu secara bersamaan. Pada umumnya, box motor berukuran 4L.

Selain menjadi aksesoris, box motor juga menjadi salah satu aksesoris penunjang penampilan. Motor yang terpasang box akan terlihat gagah, keren dan besar. Ditambah, bagi orang yang dibonceng, box motor bisa menjadi salah satu tempat bersandar, ketika lelah dalam perjalanan.

Baca Juga: Bahan Bakar Beroktan Tinggi Bisa Juga Berdampak Buruk Loh Gengs!

Box motor yang diletakkan di belakang akan melindungi motor dari benturan. Apabila terjadi tabrakan, box yang lebih dahulu terkena dampaknya. Motor dengan box akan susah dicuri, karena ia tak bisa dikendarai dengan kecepatan penuh.

Kerugian penambahan box pada motor

Ada keuntungan, tentu saja ada pula kerugiannya. Diantaranya:

Dengan dipasangnya box pada motor, tentunya beban motor akan bertambah. Hal tersebut membuat kamu harus memperhatikan tekanan udara pada ban, agar tetap stabil. Karena jika beban motor bertambah dan motor aktif digunakan, maka tekanan udara pada ban bisa saja berkurang.

Selain itu, motor yang dipasang box juga sebaiknya tidak dikendarai dengan kecepatan yang tinggi, karena keseimbangan motor yang memiliki box lebih sulit dibandingkan dengan yang tidak memiliki box. Untuk itu, mengendarai motor yang dipasang box harus benar-benar bisa menguasai keseimbangan dengan baik. Kalau tidak, bisa saja kamu terjatuh.

Baca Juga: Aturan Tekanan Angin Ban, Gak Asal Kencang Ya!

Motor yang dipasang box juga akan sulit untuk salip menyalip, terutama dalam keadaan macet. Karena bisa saja bagian belakang yang besar akan menyenggol kendaraan lain yang ada di sekitarnya.

Motor yang dipasang box juga menyulitkan seseorang yang dibonceng. Saat ada box, seseorang yang mau dibonceng akan lebih sulit menaiki motor tersebut. Karena sering kali, kaki akan terpentok pada box tersebut.

Baca Juga: Bisa Tempuh 400 Km Sekali Cas, Motor Listrik Ini Sekelas Moge 1.000 cc

Nah, itu dia keuntungan dan kerugian memasang box pada motor. Jadi apakah menurut kamu sepadan antaran keuntungan dan kerugiannya? Bijaklah memilih aksesoris motor, ya! Gunakan aksesoris sesuai dengan kebutuhan kamu saja, jangan hanya karena penampilan, malah membuatmu tidak nyaman.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait
Tech

Stut Motor Bisa Ditilang?

Sabtu 25 Maret 2023, 16:30 WIB
Stut Motor Bisa Ditilang?
Berita Terkini