Aturan Tekanan Angin Ban, Gak Asal Kencang Ya!

Aci
Sabtu 25 Maret 2023, 16:44 WIB
Ilustrasi tekanan angin pada ban motor yang direkomendasikan pabrik (Sumber : instagram.com/monesealant)

Ilustrasi tekanan angin pada ban motor yang direkomendasikan pabrik (Sumber : instagram.com/monesealant)

LABVIRAL.COM - Berkendara merupakan suatu rutinitas yang tidak bisa dielakkan dalam kehidupan. Untuk itu, pentingnya memperhatikan setiap komponen kendaraan demi menjaga keamanan dan kenyamanan berkendara menjadi sangat penting.

Adapun salah satu komponen yang perlu diperhatikan yaitu kondisi angin. Perlu kamu tahu, tekanan angin ban sangat berpengaruh dalam kenyamanan berkendara. Dan perlu dicatat, tekanan angin ban pada setiap jenis motor berbeda. Bahkan, tekanan angin ban motor depan dan belakang juga tidaklah sama, karena adanya perbedaan fungsi.

Berikut Labviral.com, paparkan terkait berapa tekanan angin yang sesuai dengan anjuran. Yuk, disimak ya!

Baca Juga: Dijual Mulai dari Rp 160 Ribuan, Ban Motor Pabrikan Surabaya Mulai Ramaikan Pasar

Tekanan pada ban motor matic

Pada motor matic, ban bagian depan sebaiknya menggunakan tekanan angin sekitar 28 sampai dengan 30 psi. Untuk pengendara yang membawa beban atau membonceng, sebaiknya gunakan tekanan angin sebanyak 30 psi.

Sedangkan untuk ban belakang motor matic, tekanan angin yang direkomendasikan berada pada angka 31 hingga 33 psi. Saat berkendara sendiri, bisa gunakan angka 31 psi, jika berboncengan atau saat membawa beban berat tekanan pada angka 33 psi.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Ban Motor Tubeless Agar Awet!

Tekanan pada ban motor matic

Berbeda dengan motor matic, pada ban depan motor bebek direkomendasi sekitar 29 hingga 30 psi. 29 psi digunakan saat berkendara sendiri, sementara 30 psi saat berboncengan.

Sedangkan untuk ban belakang motor bebek, bisa menggunakan 31 hingga 33 psi. Tekanan angin 31 psi untuk berkendara sendiri dan 33 psi jika untuk berboncengan atau membawa beban berat.

Baca Juga: Jarang Diperhatikan, Ternyata Segini Tekanan Angin yang Tepat Pada Ban Motor Supaya Aman

Nah, itu dia tekanan angin yang disarankan demi keamanan, kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini