Jarang Diperhatikan, Ternyata Segini Tekanan Angin yang Tepat Pada Ban Motor Supaya Aman

Yowan R
Jumat 24 Maret 2023, 09:26 WIB
Ilustrasi tekanan angin pada ban motor yang direkomendasikan pabrik (Sumber : instagram.com/monesealant)

Ilustrasi tekanan angin pada ban motor yang direkomendasikan pabrik (Sumber : instagram.com/monesealant)

LABVIRAL.COM - Sebagai satu-satunya komponen pada sepeda motor yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan, ban motor menjadi salah satu komponen yang sangat penting dan perlu mendapatkan perhatian khusus.

Sayangnya masih banyak pemilik sepeda motor yang tidak memperhatikan kondisi dari ban. Padahal, ban motor in perannya begitu vital dalam menjamin keselamatan dan kenyamanan saat berkendara.

Baca Juga: Waktu Terbaik Isi Angin Ban Motor, Simak Penjelasannya!

Salah satu aspek yang perlu diperhatikan dari ban motor adalah tekanan anginnya. Tekanan angin pada ban sepeda motor harian haruslah ideal, tidak boleh terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Tekanan angin yang terlalu tinggi tentu akan menjadikan motor tidak nyaman digunakan karena ban menjadi terlalu keras. Ban dengan tekanan yang terlalu rendah juga membuat ban menjadi kurang keras dan sulit digunakan untuk bermanuver.

Ban motor dengan tekanan angin yang terlalu tinggi juga akan mengubah tapak ban yang bersentuhan ke aspal, karena ban lebih mengembang sehingga permukaan ban yang menyentuh aspal menjadi berkurang.

Akibatnya, tingkat safety menjadi berkurang dan ban motor menjadi rawan kehilangan traksi atau licin. Jika digunakan pada saat hujan, motor akan rawan tergelincir.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Ban Motor Baru Tapi Masih Licin

Karena itu, memperhatikan tekanan ban sangat penting dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini