Penyebab dan Cara Mengatasi Ban Motor Baru Tapi Masih Licin

Aci
Jumat 17 Maret 2023, 21:21 WIB
Ilustrasi: Beragam ban motor di Proban, Pamulang, Tangsel (Sumber : Laviral.com/Verel)

Ilustrasi: Beragam ban motor di Proban, Pamulang, Tangsel (Sumber : Laviral.com/Verel)

LABVIRAL.COM, Ban motor akan terasa licin ketika sudah botak, selain itu juga ban yang sudah lama akan mudah bocor karena lapisannya yang semakin menipis, hal tersebut tentu saja mengharuskan kita mengganti ban lama dengan ban baru.

Tapi tahukah anda? Rasa licin pada ban ternyata bukan karena ban yang sudah lama saja lho, ban motor yang baru juga akan terasa licin saat baru diganti.

Hal tersebut tentu saja sangat menjengkelkan, tetapi perlu anda ketahui ban baru yang terasa licin bukan karena kualitasnya yang buruk, ban baru yang terasa licin disebabkan beberapa faktor.

Baca Juga: Ban Motor MotoGP Selalu Botak, Kenapa Ya?

Berikut faktor penyebab ban motor terasa licin saat baru diganti:

1. Inreyen

Inreyen bisa disebut dengan masa penyesuian, atau masa break-in biasanya dilakukan saat konsumen membeli motor baru kondisi di mana komponen motor, terutama di bagian mesin sedang dalam masa penyesuaian. Inreyen dilakukan agar bagian dalam mesin beradaptasi pada kinerja terbaiknya. Pada masa ini pengguna motor disarankan untu tidak berkendara dengan kecepatan tinggi demi keselamatan.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Ban Motor Saat Musim Hujan

2. Lapisan Lilin atau Silikon Ban

Pada ban baru biasanya akan ada lapisan lilin, dimana lapisan lilin tersebut berfungsi sebagai pelindung pada saat masa penyimpanan ban baru tersebut. Untuk itu ban yang baru akan terasa licin saat digunakan.

Baca Juga: Waktu Terbaik Isi Angin Ban Motor, Simak Penjelasannya!

3. Daya cengkeram ban belum optimal

Daya cengkeram pada ban baru belum sepenuhnya bekerja dengan baik, karena lapisan lilin yang terdapat pada ban tersebut membuat daya cengkeram belum sepenuhnya bekerja dengan baik.

Walaupun ban baru akan terasa licin bukan berarti mengganti ban motor lama dengan yang baru bukan hal yang baik, efek licin pada ban baru tidak akan lama dan juga bisa di atasi dengan, Mencuci ban, kemudian mengampelas atau sikat permukaan ban, dan juga kendarai sepeda motor setidaknya 100 kilometer.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait
Tech

Ban Motor MotoGP Selalu Botak, Kenapa Ya?

Minggu 12 Maret 2023, 22:15 WIB
Ban Motor MotoGP Selalu Botak, Kenapa Ya?
Tech

5 Tips Merawat Ban Motor Saat Musim Hujan

Senin 13 Maret 2023, 19:33 WIB
5 Tips Merawat Ban Motor Saat Musim Hujan
Berita Terkini