Profil dan Fakta Menarik Sandiaga Salahudin Uno, Pernah jadi Pengangguran dan Mampu Bangkit dari Krisis

Zahwa Elia Azzahra
Minggu 26 Maret 2023, 01:14 WIB
Ilustrasi, profil Sandiaga Uno

Ilustrasi, profil Sandiaga Uno

LABVIRAL.COM - Siapa yang tak kenal Sandiaga Salahudin Uno? Berikut LABVIRAL.com sajikan profil dan fakta menarik dari sosok yang akrab dipanggil dengan nama Sandiaga Uno ini. 

Sosoknya memang begitu menginspirasi baik di kalangan anak muda, bapak-bapak maupun ibu-ibu tanah air. Seperti ini apa biografi dari seorang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia ini? Yuk, simak.

Latar belakang keluarga dan pendidikan

Pria kelahiran Rumbai, Pekanbaru, 28 Juni 1969 ini memiliki karier di dunia politik yang cukup moncer. Sebelum masuk ke pembahasan tersebut, mari kita melihat kilas balik perjalanannya terlebih dahulu.

Baca Juga: Asal Usul IKN, Jokowi Ambil Peranan Penting

Sandiaga terlahir dari pasangan Razif Halik Uno dan Mein R. Uno. Ayahnya adalah seorang yang pernah bekerja di perusahaan Caltex, sedangkan sang ibu dikenal sebagai seorang pakar pendidikan kepribadian.

Pada tahun 1970-an, ayah Sandiaga Uno memboyong keluarganya tuk pindahan ke ibu kota. Sehingga, Sandiaga mendapatkan pendidikan yang cukup baik pada masanya. Ia mengenyam pendidikan SD PKSD, kemudian melanjutkan ke SMP Wijaya Jakarta Selatan. Setelah lulus SMP, ia melanjutkan ke SMA Pangudi Luhur. Pendidikan dari SD sampai SMA itu ia tempuh di Jakarta.

Setelah menamatkan jenjang SMA, Sandiaga Uno melanjutkan kuliah di Wichita State University di Kansas, Amerika Serikat.

Baca Juga: Mengenal Sejarah, Tugas, Wewenang dan Kewajiban Bawaslu

Pernah menganggur

Selepas kuliah, Sandiaga pun langsung terjun ke dunia kerja. Pada tahun 1990 ia pernah menjadi karyawan Bank Summa. Tak cukup bekerja di situ, Sandiaga pun mencoba bekerja di perusahaan lain di Singapura. Nama perusahaan tersebut adalah Seapower Asia Investment Limited.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini