Profil Muhaimin Iskandar, Panglima Santri yang Hobi Mengendarai Vespa

Zahwa Elia Azzahra
Minggu 26 Maret 2023, 01:02 WIB
Ilustrasi, profil Muhaimin Iskandar

Ilustrasi, profil Muhaimin Iskandar

LABVIRAL.COM - Abdul Muhaimin Iskandar atau akrab dipanggil Cak Imin ini adalah politikus senior. Pria kelahiran Jombang, 24 September 1966 ini digadang-gadang menjadi salah satu calon presiden pada Pemilu 2024.

Muhaimin Iskandar saat ini adalah Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat. Sebelum menjadi Wakil DPR RI tersebut, Cak Imin juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat. Selain kedua jabatan tersebut, ia juga merupakan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Muhaimin Iskandar lahir dan besar dari lingkungan pesantren. Ayahnya, Muhammad Iskandar adalah salah satu keluarga dari Pondok Pesantren Manbaul Ma'arif, Jombang, Jawa Timur. Secara garis keturunan, Cak Imin juga masih keturunan KH Bisri Syamsuri, salah seorang ulama besar pendiri Nahdlatul Ulama.

Baca Juga: Syarat Capres dan Cawapres 2024, Pendidikan Terendah SMA hingga Usia Minimal 40 Tahun

Dilihat dari riwayat pendidikan formalnya, ia memang tak jauh dari lingkungan agama. Cak Imin pernah bersekolah di Sekolah Dasar Mambaul Ma'arif Denanyar, Jombang (1976), Sekolah Menengah Pertama Mambaul Ma'arif, Denanyar, Jombang (1982), dan Sekolah Menengah Atas di MAN I Yogyakarta (1985).

Lalu, sejak lulus kuliah, ia pun melanjutkan kuliah S1 Fisip di Universitas Gadjah Mada (1991), dan melanjutkan S2 Manajemen Komunikasi di Universitas Indonesia (2001).

Cak Imin memang dekat dengan kursi DPR RI.  Sejak tahun 1999 sampai 2004, ia sudah menduduki Wakil DPR RI. Pada tahun tersebut ia termasuk salah satu pemimpin termuda di DPR dalam sejarah. Tak berakhir pada tahun 2004, ia terpilih kembali menjadi Wakil Ketua DPR RI pada periode 2004-2009.

Baca Juga: Pengertian dan Tujuan Pemilu, Membentuk Pemerintahan Baru

Setelah jabatannya berakhir, ia pada tahun 2009 kemudian diminta oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk mengisi jabatan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. SBY pun meminta supaya ia bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia untuk dunia kerja.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini