Profil Airlangga Hartarto: Bermimpi jadi Pendekar Kungfu, Berlabuh dalam Karir Politik

Zahwa Elia Azzahra
Minggu 26 Maret 2023, 00:53 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto

LABVIRAL.COM - Salah satu sosok politikus kondang di tanah air yang tak boleh dilupakan adalah Airlangga Hartarto. Pria kelahiran Surabaya, 1 Oktober 1962 ini memiliki jalan politik yang cukup moncer. Lalu, bagaimana perjalanan karirnya selama ini?

Airlangga Hartarto saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian pada Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Ia dilantik pada 23 Oktober 2019 dan masih menjabat sampai sekarang.

Pada periode pertama Jokowi sebagai presiden, Airlangga Hartarto juga pernah mengemban tugas sebagai Menteri Perindustrian periode 2016-2019 dalam Kabinet Kerja (reshuffle jilid ke-2).

Baca Juga: Profil Partai Ummat, Berjuang Keras Lolos Peserta Pemilu 2024

Selain aktif di kementerian, Airlangga Hartarto juga merupakan Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar). Ia menjabat sebagai ketua partai ini terhitung sejak tahun 2017 sampai sekarang.

Karir politik Airlangga Hartarto sendiri tak jauh beda dari ayahnya, Hartarto Sastrosoenarto. Ayahnya tersebut pernah menjabat sebagai Menteri Negara Koordinator Pendayagunaan Aparatur Negara Indonesia (16 Maret 1998 – 21 Mei 1998).

Lahir dari keluarga yang kenal dekat dengan Soeharto, Airlangga Hartarto pun belajar banyak hal. Salah satunya adalah menjadi pribadi yang disiplin dan pekerja keras. Ayahnya sendiri pada masa Orde Baru menduduki belasan tahun sebagai Menteri. Berkat kegigihannya, ia pun bisa menjadi menteri untuk pertama kali pada tahun 2016.

Baca Juga: Mengenal Politik Mercusuar, Proyek Megah Soekarno 1959-1966

Berikut ini adalah riwayat pendidikannya:

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini